PALAS - Tokoh masyarakat dan Adat Kabupaten Padanglawas menilai figur AKBP Jarot Yusviq Andito SIK yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort Palas, banyak kesan yang ditinggalkan.
Tak dapat dipungkiri, meski AKBP Jarot Yusviq Andito hanya sekitar 1,5 tahun memimpin Polres Palas, tetapi mampu membangun silaturahmi dan sinergi dengan baik terhadap masyarakat.

Selain sangat akrab dengan segenap anggotanya, Jarot Yusviq Andito juga memiliki kemampuan handal dalam bermitra dengan awak media atau wartawan serta tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama serta warga masyarakat Kabupaten Palas pada umumnya.

Tidaklah mengherankan pada saat pelepasan keberangkatannya meninggalkan Polres Palas, isak tangis dan rasa haru mewarnai perpisahan dengan segenap personel jajaran Polres Palas.

Sebagai wujud penghormatan terhadap sosok AKBP Jarot Yusviq Andito SIK mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolres Palas, personel Polres Palas mengarak Jarot Yusviq Andito berkeliling halaman Mako Polres Palas usai rangkaian Upacara pelepasan secara resmi dengan tradisi pedang pora oleh para PJU Polres Palas, Rabu (18/8/2021).

Tokoh Masyarakat Palas, H.Marahadi Hasibuan menuturkan sosok Kapolres Jarot layak diberikan penghormatan sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan masyarakat serta peduli dengan sesama.

"Masyarakat begitu dekat dengan beliau,ibarat bagaikan keluarga sendiri dengan tidak membeda-bedakan satu dan lainnya, semua dihormati dengan sopan santun dan ramah tamah," ujarnya, Kamis (19/8/2021).

"Harapan kita sebagai masyarakat, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.M.Si, dapat meneruskan hubungan baik antara polisi dan masyarakat terus terjalin dengan baik sebagaimana yang telah dirintis Kapolres yang lama," tambahnya.

"Kesan baik akan selalu menjadi ingatan bagi masyarakat,sulit untuk dilupakan karena telah memberikan dampak positif yang dibarengi dengan pendekatan secara baik tanpa ada goresan yang melukai hati masyarakat," timpalnya kembali.

Senada dengan itum Tokoh Pemangku Adat Kabupaten Palas Sutan Parlindungan Hasibuan dan Parlagutan Lubis menilai Jarot Yusviq Andito, pimpinan polisi yang paham karakteristik masyarakat secara baik.

"Sosok pemimpin seperti Jarot Yusviq Andito yang loyal terhadap tugas pelayanan masyarakat dan peduli terhadap anggotanya patut menjadi ingatan atas kebaikannya yang telah ditorehnya di Kabupaten Palas ini," imbuh Parlagutan Lubis.

Parlagutan Lubis berpendapat, meski terbilang singkat kehadirannya, namun mereka begitu banyak kesan yang baik ditinggalkan AKBP Jarot kepada daerah ini.

"Jarot Yusviq Andito salah satu sosok pemimpin yang patut diteladani untuk pemimpin kepolisian," sebutnya.

Kata Parlagutan, bila AKBP Jarot Yusviq Andito SIK pergi dengan meninggalkan banyak kesan nan mendalam, begitu juga harapan dengan AKBP Indra Yanitra Irawan SIK M.Si yang datang dan menjabat Kapolres Palas saat ini akan membawa sejuta harapan.

"Harapan yang paling diharapkan oleh segenap lapisan masyarakat Kabupaten Palas, apa yang telah ditorehkan AKBP Jarot Yusviq Andito, setidaknya dapat dilanjutkan AKBP Indra Yanitra Irawan. Bahkan bila dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga citra kepolisian dimata masyarakat akan lebih berkesan dan tetap melekat di hati masyarakat," timpalnya.