SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir terus gencar melakukan vaksinasi dan sejumlah 40.356 orang sudah tuntas di vaksin. Kabupaten Samosir juga masih punya 4.762 stok vaksin Sinovac dan Aztrazeneca, sementara kasus baru terus mengalami penurunan. Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara, Rabu (18/8/2021) siang menyampaikan, perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Samosir hingga, Selasa (17/8/2021), total yang telah divaksin di wilayah Kabupaten Samosir sejumlah 40.356 orang.

Jumlah yang sudah tuntas divaksin dosis 1 dan dosis 2, sebanyak 21.833 orang. Jumlah yang belum divaksin dosis 2, sebanyak 18.523 orang.

Sementara persediaan vaksin, sebanyak 4.739 vial Vaksin Sinovac dan 23 vial Aztrazeneca.

Dan sesuai data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir hingga, Selasa (17/8/2021) ada tambah 5 kasus baru, 4 sembuh, dan total kasus aktif 244.

"Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir berharap tren fluktuasi angka kasus tetap di bawah angka 10 dan jika mungkin di bawah 5 beberapa hari ke depan sebagai akibat perlakuan pada PPKM dan instrumen-instrumen lainnya yang sudah dilaksanakan sejauh ini," ucap Rohani Bakkara.

Kepala Dinas Kominfo itu menyebutkan, hingga 31 Agustus akselerasi vaksinasi yang ditargetkan sebesar 50 ribu vial telah sedang dilaksanakan.

"Kiranya rantai pasok dan kesiapan teknis pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar sehingga harapannya, sedikitnya pada 70-an % dari total penerima sasaran sudah menerima vaksinasi dosis 1," harapnya.

Saat ini kata Rohani, seluruh pemerintahan kecamatan melalui pemerintah desa tengah menyiapkan jadwal dan sedang melaksanakan vaksinasi untuk 50 ribu vaksin yang diterima.

Ia berharap, vaksinasi ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah terjadinya transmisi pada saat pelaksanaan.

"Mari tetap sukseskan PPKM secara konsisten, vaksinasi, dan upaya-upaya lain yang telah dilakukan. Kiranya semangat “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” sebagai tema Perayaan HUT RI ke-76 menjadi nyata di Kabupaten Samosir dalam menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Samosir," ujarnya.

Tidak lupa, Rohani turut mengajak seluruh masyarakat Samosir mendoakan para pemimpin di Kabupaten Samosir agar tetap diberi Tuhan kekuatan, hikmat, dan kesehatan dalam mengelola kegiatan untuk mencegah, mengendalikan, dan menangani Covid-19.

Juga mengajak mendoakan para masyarakat Samosir yang terpapar dan terdampak Covid-19 agar memperoleh kesembuhan dan dapat melalui masa-masa sulit pada saat pandemi Covid-19.

"Mari berjuang menghentikan Covid-19 dengan semangat kemerdekaan yang telah kita hidupi hingga saat ini yaitu kolektivitas, kolaborasi, dan sinergitas di semua lini untuk tetap dapat menjaga Samosir pada level zona hijau kedepannya. Merdeka," pungkasnya.

Berikut data perkembangan Covid-19 Kabupaten Samosir hingga, Selasa (17/8/2021):

- Suspek, 3 orang
- Probable, 0 orang
- Kumulatif kasus aktif, 244 orang
- 5 kasus baru
- Kumulatif sembuh, 1.191 orang
- Kumulatif meninggal dunia, 43 orang
- Kumulatif kasus, 1.478 sejak 2020 lalu.