PALAS – Seiring dengan perputaran waktu, tanpa terasa sudah 1,5 tahun Kapolres Padang Lawas pertama AKBP Jarot Yusviq Andito SIK, memimpin Resort Kepolisian Palas dengan gaya humanis dan humoris yang bersahabat dengan semua orang.
Tepat pada Rabu (18/8/2021) tadi, masa pengabdiannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat telah berakhir dengan meninggalkan banyak kesan dan pesan bagi semua kalangan termasuk elemen masyarakat dan personil Polri dijajaran Polres Palas khususnya.

Kesan pertama sampai akhir masa pengabdian diakhir tugasnya sebagai orang nomor satu di jajaran Polres Palas dalam pengabdiannya di bumi Dalian Na Tolu ini, banyak memunculkan kesan yang baik dan selalu menjadi ingatan yang tidak terlupakan dari sosok Perwira Polisi yang selalu bersahaja kepada siapapun.

Kepindahan sebagai RBP ke Polda Kalimantan Timur di tempat tugasnya yang baru diharapkan lebih amanah dalam memgemban tugas pengabdian negara dan masyarakat menjadi catatan penting bagi masyarakat di daerah ini, karena telah banyak berbuat untuk menciptakan kekondusifan dan kesejukan yang memberi ketenteraman bagi masyarakat.

“Selamat jalan Bapak Kapolres AKBP Jarot Yusviq Andito, walaupun kita tak pernah ketemu, tapi perasaan hati ini terasa dekat sama Bapak,” ujar Isma’il Sya’roni Hasibuan.

“Meski bapak jauh bertugas di Kalimantan Timur, tetapi sosok figur bapak sebagai Kapolres pertama selalu menjadi kenangan indah di hati kami dan berharap bapak tidak melupakan kami, karena apa yang diperbuat selama memimpin Polres menjadi kenang yang tidak terlupa," sambungnya.

Sepak terjang AKBP Jarot Yusviq Andito SIK selama memimpin Polres Palas, kata dia, patut diacungkan jempol.

"Sebagai penegak hukum yang bersahaja dan humanis, beliau sosok pamong yang dikagumi dari keserdahanan dan keramahan yang selalu bersifat merangkul," katanya.

Sementara itu, Tokoh Adat Palas, Parlagutan Lubis juga mengungkap hal yang sama. Dia merasa kehilangan sosok figur pemimpin di institusi kepolisian yang selalu dekat dengan masyarakat. Bahkan, Jarot merangkul semua pihak tanpa pandang bulu, baik masyarakat maupun pejabat, tetap sama di matanya.

"Sebagai pelayan serta pengayom yang sangat dekat dengan masyarakat, beliau kerap turun langsung membantu masyarakat disaat sulitnya ekonomi disituasi pandemi Covid 19," jelasnya.

Tak hanya itu, Parlagutan mengaku, AKBP Jarot Yusviq tak segan-segan menyambangi warga yang membutuhkan bantuan, seperti menyisihkan rezekinya untuk saling berbagi dengan kaum yang kurang mampu dan lainnya.

Bahkan, Parlagutan turut mengulosi Kapolres Jarot dan Istri Nyonya Risna Jarot.

Dengan pindahnya AKBP Jarot Yusviq, katanya, terasa ada yang hilang dengan seorang sosok polisi yang jauh terkesan menyeramkan, namun supremasi hukum tetap ditegakkannya tanpa toleransi agar masyarakat selalu terjaga dengan aman dan nyaman.

“Figur AKBP Jarot sangat didambakan masyarakat karena orangnya lemah lembut, tulus, ikhlas, tanpa pamrih tapi tegas dalam menegakkan hukum,” katanya.

Terbukti beberapa prestasi yang diraih Polres Palas, seperti kasus pembunuhan, narkotika dan tindakan kriminal lainnya serta keberhasilan menyapu bersih Penyakit Masyarakat (Pekat) di wilayah hukum Polres Palas dapat diatasi dengan baik, sehingga memberikan rasa nyaman dan aman ditengah masyarakat.

“Selamat bertugas di tempat yang baru Bapak Jarot Yusviq Andito, semoga selalu sukses dalam mengemban amanah dan semakin dicintai masyarakat di Kalimantan Timur nantinya," tutup Parlagutan.