LANGKAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA, memimpin pelaksanaan upacara Kemerdekaan HUT RI ke 76 yang digelar sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (17/8/2021).

Pengibaran bendera pusaka merah putih dilakukan personil dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Langkat.

Usai bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Langkat menyerahkan bingkisan kemerdekaan kepada 90 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Langkat. Bingkisan ini diserahkan secara simbolis kepada 4 orang perwakilan LVRI.

"Bingkisan kemerdekaan ini, bentuk kepedulian dan penghargaan Pemkab Langkat kepada para pejuang kemerdekaan, yakni LVRI," ungkap Bupati dalam kesempatan tersebut.

Bupati juga menyerahkan penghargaan berupa Satya Lencana Karya Satya kepada tiga ASN terpilih, yang bertugas selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Penerima Satya Lencana XXX tahun, Nuriadi selaku Camat Stabat. Penerima Satya Lencana XX tahun, Amril selaku Inspektur Kabupaten Langkat. Penerima Satya Lencana X tahun, Safriansyah Nasution selaku Kasubag Pelayan Publik dan Tata Laksana Bagian Organisasi Setdakab Langkat.

Bupati mengatakan Satya Lencana Karya Satya adalah tanda kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo, sebagai penghargaan atas pengabdian, kesetian, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sebagai pegawai negeri sipil.

Dia juga berpesan, agar seluruh masyarakat Langkat menjadikan momentum hari kemerdekaan tahun ini, pembakar semangat untuk bersama berjuang mengakhiri pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi dan pelaksanaan pembangunan di masing-masing bidang yang digeluti.

"Mari bersatu untuk bersama berjuang bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19," ajaknya sembari menjelaskan, pelaksanaan upacara tahun ini tanpa Paskibraka Langkat dikarenakan 38 orang dari 58 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), terpapar Corona.

Saat ini lanjutnya, mereka diisolasi dan ditangani Nakes Dinkes Langkat secara ketat.

"Mari sama sama kita do'akan putra putri terbaik Langkat dari Paskibraka segera pulih dan membaik kesehatannya, agar dapat menjalankan aktivitas dan terus berkaya untuk masa depannya," ujar Bupati.

Usai melaksanakan rangkaian upacara, kegiatan dilanjutkan ramah tamah bersama Forkopimda Langkat dengan para LVRI.