Cek tagihan listrik sekarang ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dan paling pas untuk Anda sehingga pengecekan tagihan listrik bisa dilakukan dengan secepatnya. Bagi Anda yang memang ingin melakukan pengecekan terhadap tagihan listrik bisa menyimak beberapa macam cara yang ditawarkan di bawah ini.

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

1. Ketik format

Salah satu cara untuk mengetahui besar tagihan listrik adalah melalui pengiriman SMS. Untuk melakukan hal ini terlebih dahulu ketiklah format yang tepat yaitu PLN (spasi) ON (spasi) no ID pelanggan.

2. Kirim sms

Format yang dituliskan untuk dikirimkan melalui SMS tidak boleh sampai salah. Jika sudah benar maka segeralah kirim format yang telah diketik ke PLN. SMS ini dikirim ke nomer 8123. Anda juga bsia berlangganan untuk mengetahui besar tarif listrik. Namun berhenti berlangganan juga bisa dilakukan.

Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

1. Tekan kode area

Melakukan cek terhadap tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui cara mudah yaitu telepon. Untuk melakukannya maka Anda perlu memasukkan kode area terlebih dahulu. Kode area memang berbeda-beda. Misalnya saja kode area jaakrta adalah 021 dan kode area Surabaya adala 031 begitu pula dengan area lainnya.

2. Tekan 123

Setelah memasukkan kode area masing-masing wilayah barulah kemudian Anda bisa memasukkan angka 123. Setelah itu operator yang menerima telepon dari Anda akan memberikan petunjuk sehingga Anda hanya tinggal mengikuti instruksinya.

Cek Tagihan Listrik Lewat Email

1. Buka halaman website

Jika Anda ingin melakukan cek tagihan listrik lewat email maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak CS PLN. Agar dapat menghubunginya maka bukalah terlebih dahulu halaman website resmi dari PLN. Pada halaman website resmi inilah nantinya setiap orang dapat menemukan alamat email dari CS PLN.

2. Kirim email

Setelah mengetahui alamat email milik CS PLN maka selanjutnya Anda bisa mengirim pertanyaan mengenai besar tagihan listrik. Tentunya pertanyaan bisa dikirim melalui alamat email Anda dengan tujuan alamat email CS PLN. Setelah itu tunggulah jawaban dari pihak CS PLN hingga akhirnya Anda tahu berapa tarif PLN yang harus dibayar.

Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi

1. Unduh aplikasi

Mengecek tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh PLN. Untuk itu unduhlah terlebih dahulu PLN Mobile dari Google Play. Kemudian lakukan pendaftaran pada aplikasi tersebut.

2. Login

Setelah amsuk ke aplikasi dan mendaftar maka untuk selanjutnya Anda bisa langsung login. Jika telah berhasil login maka seluruh fasilitas dari PLN Mobile ini bisa digunakan termasuk untuk kepentingan mengetahui besar tagihan listrik.

3. Masukkan ID

Bagi Anda yang telah berhasil login bisa beralih ke langkah selanjutnya yaitu memilih menu Informasi. Selanjutnya pilihlah tombol Informasi Tagihan Listrik. Kemudian Anda bisa segera memasukkan nomer ID pelanggan atau yang juga sering disebut nomer meteran.

4. Tekan tombol Cari

JIka memang telah memasukkan nomer ID pelanggan selanjutnya tekan tombol Cari. Maka besarnya tagihan listrik Anda akan muncul pada layar.

Cek tagihan listrik yang semakin mudah membuat masyarakat bisa melakukan pembayaran listrik tepat waktu. Kesempatan untuk melakukan cek terhadap besarnya tagihan listrik yang harus dibayar bisa membuat kita bisa lebih lancar melakukan pembayaran listrik.