MEDAN - Pemerintah kota Medan berkomitmen mewujudkan ibukota provinsi Sumut yakni kota Medan menjadi smart city. Salah satunya dengan memperbaiki Penerangan Jalan Umum (PJU) menggunakan LED dengan sistem informasi teknologi (IT) sehingga Kota Medan semakin maju, kondusif dan berkah.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Medan, Bobby Nasution diwakili Wakil WaliKota Medan, H Aulia Rachman usai memimpin rapat revitalisasi PJU dengan skema kerjasama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Pemko Medan dengan Badan Usaha, di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (12/8/2021).

"Kita ingin percepatan proses KPBU ini berjalan dengan baik tanpa adanya peraturan yang sesuai dengan target yang telah kita tetapkan agar perubahan yang baik di kota Medan," jelas Aulia.

Aulia Rachman juga berpesan kepada calon mitra yang akan melaksanakan proyek revitalisasi PJU tersebut agar menanamkan sistem IT didalamnya. Artinya PJU nanti harus dapat dikontrol dari jarak jauh sehingga jika terjadi kerusakan dapat dengan cepat diperbaiki.

"Karena itu lakukan kajian ini secara mendalam," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Muhammad Husni menjelaskan revitalisasi PJU dengan skema kerjasama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Pemko Medan dengan Badan Usaha merupakan hal penting karena apabila Pemko Medan sendiri yang mengadakan lampu LED untuk Kota Medan butuh waktu 5-6 tahun .

"Makanya kita menggunakan konsep KPBU sehingga waktu yang dibutuhkan lebih cepat."kata Husni sembari berharap Kota Medan dapat menjadi pelopor smart city.