SERGAI - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memvaksinasi bilal mayit yang ada di seluruh Kabupaten Sergai tanpa kecuali.


"Perintah ini muncul setelah berdiskusi dengan anggota DPRD Provinsi Ir Loso Mena kepada saya, untuk melakukan vaksinasi kepada bilal mayit mengingat mereka juga garda terdepan dalam penanganan jenazah," papar Bupati usai mendapat vaksinasi moderna di aula Sultan Serdang Selasa (10/8/2021).

Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP dan Sekda Kabupaten Sergai, M Faisal Hasrimy AP MAP mengapresiasi Dinkes yang akan melakukan vansinasi moderna kepada tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit M Kes mengatakan ada 1110 Flacon dengan 1540 dosis moderna yang akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan pejabat esensial di Kabupaten Sergai. Dari jumlah itu dikatakan Bulan masih kurang dengan jumlah nakes mencapai 1720 nakes.

Menyinggung perintah Bupati untuk melakukan vaksinasi kepada bilal mayit, ia menghimbau agar seluruh bilal mayit dapat melapor ke Dinkes.

Terkait vaksin moderna., lanjut Bulan Kepala Daerah dalam hal ini Bupati, Wabup serta Sekda Kab telah terlebih dahulu mendapat suntikan vaksin moderna, vaksin yang aman dan halal. Vaksin moderna merupakan jenis massanger RNA, vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein.