PALAS - Wakil Bupati Padanglawas, H Zarnawi Pasaribu meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja Pemkab Palas agar menjadi duta vaksin di lingkungan kerja dan di tengah masyarakat.


Hal itu disampaikan Wabup saat menghadiri vaksinasi di Polres Palas bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkab Palas.

"ASN di lingkungan pemerintah harus mendukung upaya pemerintah menggencarkan program vaksinasi terhadap masyarakat khususnya di lingkungan kerja," tegas Zarnawi, Jumat (30/7/2021).

Hal ini, ujar Wabub, guna mencapai target sasaran vaksinasi nasional dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 ditengah pandemi saat ini.

ASN di lingkungan kerja pemerintah, kata Wabup, juga harus menyosialisasikan program dan kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat.

"Seluruh ASN sejajaran Pemkab Palas juga harus dan mampu memfilter berita-berita hoax tentang vaksin agar dapat memberikan pemahaman kepada keluarga dan masyarakat," tegasnya.

Zarnawi mengajak semua pihak dan stakeholder untuk menyampaikan kepada masyarakat di sekitar, tentang apa yang menjadi program pemerintah saat ini, khususnya program vaksinasi. Tentunya dengan pendekatan humanis dalam mengajak masyarakat untuk ikut vaksin.

Menurut Wabup, dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 serta disiplin 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas), diharapkan masyarakat akan lebih disiplin menjaga diri dari penularan Covid 19.

"Hal ini perlu diperkuat dengan membangun kebersamaan dan kekompakan secara komitmen untuk terus menerapkan budaya 5 M sembari berdoa bersama agar wabah Covid-19 segera sirna dari muka bumi Indonesia umumnya khususnya Kabupaten Palas," imbuhnya.

Karena itu, lanjutnya, semua bisa berperan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19. Tentu dengan taat dan patuh terhadap anjuran pemerintah untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Ditambahkan Zarnawi, vaksin tidak hanya dapat melindungi diri, tetapi juga orang-orang di sekitar. Vaksin Covid-19 diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengakhiri pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa dan melumpuhkan aktivitas masyarakat.

“Keikutsertaan kita dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan pemerintah dalam pencegahan sekaligus memutus penyebaran wabah Covid 19 yang masih ancaman bagi kita semua," pungkasnya.