KARO - Erupsi Gunung api Sinabung,  Rabu (28/7/2021) sekitar pukul 13.30 Wib berdampak hingga ke Kabanjahe. Kabanjahe merupakan kota pemerintahan Kabupaten Karo yang terletak sekitar 20 kilometer ke arah timur dari Gunung Sinabung. Akibatnya jalan-jalan di Kabanjahe tertutup abu dan beberapa kendaraan yang melintas maupun terparkir juga tertutup abu vulkanik.

Doni (22) seorang warga yang tinggal di Jalan Veteran Kabanjahe cukup merasakan dampaknya, ia terpaksa menggunakan pakaian lengan panjang dan menggunakan masker untuk menghindari dampak kesehatan yang diakibatkan abu vulkanik.

Mobilnya yang terparkir di halaman pun ikut tertutup abu yang lumayan tebal. serta beberapa sepeda motor yang terparkir di dipan pertokoan di Jalan Veteran ikut terkena abu.

"Hari lumayan tebal abunya, tadi siang erupsi. Pas keluar rumah sudah banyak abu," katanya

Kepala pos pengamatan Gunung api Sinabung Armen Putra menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan mengurangi aktivitas luar ruangan guna menghindari dampak kesehatan yang diakibatkan abu vulkanik gunung sinabung.

"Kepada masyarakat dan wisatawan agar menggunakan masker dan mengurangi aktivitas luar ruangan untuk sementara waktu hingga kondisi memungkinkan," katanya.