KARO - Gunung Sinabung di Karo Provinsi Sumatera Utara mengalami erupsi, Selasa (28/7/2021) sekira pukul 13:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati berkisar 4.500 meter di atas puncak atau 6.960 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 12 menit 22 detik.

Erupsi diikuti awan panas ke arah timur 1000 meter dan 1000 ke arah tenggara.

Kepala pos pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra menjelaskan saat ini Sinabung berada pada status level tiga atau siaga. 

Diperkirakan dampak abu vulkanik akan menyebar ke beberapa wilayah di Kabupaten Karo antara lain Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Naman Teran, Kota Wisata Berastagi, dan Wilayah Kabanjahe. 

Armen Putra menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan mengurangi aktivitas luar ruangan untuk menghindari dampak abu dari erupsi Sinabung.

"Kepada masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan agar tetap menggunakan masker," Katanya saat ditemu di kantor PVMBG Kecamatan Simpang Empat. 


Ia juga menghimbau masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara, Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.