ASAHAN - PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate (BSRE), Perusahaan perkebunan yang bergerak dibidang karet memiliki keinginan untuk memperpanjang Hak Guna Usaha (HGU) yang akan berakhir pada awal tahun 2023 mendatang.

Dari itu, pihak management PT Bridgestone yang terletak di Kecamatan Bandar Pulau, kabupaten Asahan tersebut memohon kepada Bupati Asahan agar mendapatkan bantuan dan support untuk memperpanjang HGU tersebut.

Hal tersebut terungkap saat pihak management beraudensi dengan Bupati Asahan, H Surya BSc di ruang kerja Bupati Asahan, Kamis (22/7/2021).

Dalam hal ini, Bupati Asahan didampingi Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin menanggapi permohonan dari pihak PT Bridgestone dengan melakukan komunikasi kepada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan tentang mekanisme perpanjangan HGU tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Namun, Surya meminta kepada pihak PT Bridgestone memerhatikan masyarakat setempat dengan menyalurkan CSR, seperti membangun jalan yang akan digunakan masyarakat sekitar.

"Perusahaan harus tetap memerhatikan masyarakat setempat dengan menyalurkan CSR. Perhatikan jalan yang digunakan oleh masyarakat sekitar," tutur Bupati Asahan.

Ia menyakini, PT Bridgestone sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus masyarakat sekitar

"Saya yakin dengan keberadaan PT Bridgestone ini sangat besar manfaat yang didapat oleh masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus masyarakat sekitar," katanya.

Menurutnya, selama ini PT Bridgestone telah menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Kami menilai PT Bridgestone cukup baik dalam menjalankan aktifitasnya dan menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar," ucapnya.

Sebelumnya, Finance Director PT BSRE/Bridgestone, Nobutshu Arai didampingi R Siahaan selaku GM Adminitration, L Sihotang selaku Sr Advisor Plasma, M Zulkarnaen selaku Mgr Plasma dan Johny T selaku Mgr Plasma menerangkan, selama ini menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Dalam menjalankan aktivitas kami selalu berusaha membangun hubungan kerjasama serta membantu masyarakat sekitar berupa penyaluran CSR meliputi perbaikan sarana jalan umum, bantuan bantuan donasi ke masyarakat dan rumah ibadah," katanya.

Sambungnya, saat ini pihak PT Bridgestone juga sedang membangun kemitraan dengan masyarakat petani karet yang bertujuan membuka pintu bagi masyarakat petani karet untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat petani karet.

"Saat ini kami juga sedang membangun kemitraan dengan masyarakat petani Karet di Asahan dan petani binaan PT BSRE sebagai area Plasma. Dan kami juga membuka pintu bagi masyarakat petani Karet untuk bemitra dengan PT BSRE dalam bentuk kerja sama membangun kebun karet masyarakat, sehingga harapan kami kedepannya adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani karet secara umum," terangnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan pihaknya telah melakukan penandatanganan kerjasama kemitraan dengan 2 Kelompok Tani yang berada di Desa Marjanji Aceh Kecamatan Aek Songsongan yaitu Koperasi Simbur Barokah Jaya dan Kelompok Tani Sukadame seluas 76 Ha.

"Dimana kami akan memberikan bimbingan teknis berupa training dan penyuluhan kepada petani dan serta menyalurkan bantuan material bibit dan sarana produksi kepada Koperasi/ Kelompok Tani tersebut," ujarnya.

Untuk itu pihak PT Bridgestone sangat berharap bantuan dan suport Pemerintah Kabupaten Asahan untuk membantu dalam perpanjangan HGU yang akan berakhir pada awal tahun 2023.