SAMOSIR - Sesuai data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, Minggu (18/7/2021), bertambah 16 kasus baru dan nihil sembuh. Sebanyak 11 orang diantaranya merupakan warga Kecamatan Simanindo dan 1 orang diantaranya masih berusia 8 bulan. Dengan terjadinya penambahan jumlah terpapar, kini total warga Samosir terpapar positif Covid-19 mencapai 327 orang. Dan secara kumulatif, jumlah konfirmasi positif di Kabupaten Samosir hingga, Minggu (18/7/2021) pukul 23.00 Wib sebanyak 839 kasus.

Melalui juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara, berharap beberapa hari ke depan terjadi penurunan angka konfirmasi positif harian pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di setiap desa, serta pengetatan penjagaan di pintu-pintu masuk ke Kabupaten Samosir melalui jalur darat dan danau. 

Dijelaskan, pos komando (Posko) tingkat kecamatan, desa, kelurahan, dusun atau lingkungan, secara efektif telah melakukan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Dalam hal pencegahan dan pembinaan, Satgas Covid-19 desa dan kelurahan langsung menemui para pedagang makanan untuk mematuhi batas waktu operasional yang ditetapkan dalam PPKM berbasis mikro.

"Di samping itu, secara persuasif Satgas Covid-19 desa dan kelurahan mengingatkan kerumunan di kedai-kedai untuk mematuhi aturan dalam PPKM berbasis mikro di desa, kelurahan dan dusun atau lingkungan," kata Rohani.

Penguatan fungsi Satgas desa, kelurahan, dusun atau lingkungan, kata Rohani, dengan pendekatan-pendekatan persuasif dengan harapan kiranya dapat mengedukasi masyarakat tentang kehadiran Covid-19.

Edukasi yang disampaikan, sambungnya, menyampaikan cara-cara memutus mata rantai penularannya terutama pelaksanaan PPKM berbasis mikro, dan dampak-dampak yang timbul jika PPKM tidak dilaksanakan dengan benar.

"Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir tetap akan berkordinasi dengan Satgas Covid-19 kecamatan dan desa untuk memastikan efektivitas PPKM berbasis mikro di Kabupaten Samosir berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan pencapaian tujuan PPKM berbasis mikro, yaitu adanya penurunan angka konfirmasi positif harian beberapa hari ke depan," tutupnya.

Berikut data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Samosir hingga, Minggu (18/7/2021), dengan rincian 16 kasus baru, nihil sembuh, dan kumulatif konfirmasi positif menjadi 839 kasus. Total, konfirmasi positif, suspek dan probable, sebanyak 846 kasus.

Ini data 16 warga Samosir terpapar positif dalam 1 hari:

1. FS (37) laki-laki, warga Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, sedang dirawat/dirujuk ke RSUD dr. Hadrianus Pangururan.

2. DP (59) perempuan, warga Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, jalani isolasi mandiri.

3. PS (59) laki-laki, warga Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, jalani isolasi mandiri.

4. RS (37) perempuan, warga Desa Onanrunggu, Kecamatan Onanrunggu, jalani isolasi mandiri.

5. YS (9) perempuan, warga Desa Onanrunggu, Kecamatan Onanrunggu, jalani isolasi mandiri.

6. RS (53) perempuan, warga Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

7. FS (17) laki-laki, warga Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

8. AWS (16) laki-laki, warga Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

9. AT (59) laki-laki, warga Desa Pardomuan, Kecamatan Onanrunggu, jalani isolasi mandiri.

10. GOS (16) perempuan, warga Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

11. EN (51) perempuan, warga Desa Sangkal, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

12. TS (50) perempuan, warga Desa Sangkal, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

13. DFYN (26) perempuan, warga Desa Marlumba, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

14. VLS (35) perempuan, warga Desa Sangkal, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

15. LS (43) perempuan, warga Desa Siallagan, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

16. NJ (8 bulan), warga Desa Siallagan, Kecamatan Simanindo, jalani isolasi mandiri.

Sejauh ini, dari 839 kasus konfirmasi positif di Kabupaten Samosir, sebanyak 477 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 19 orang meninggal dunia.