ARTIS Mikha Tambayong mengumumkan bahwa dirinya telah menyelesaikan studi di Harvard University. Ia lulus dari Harvard Business School dengan gelar Magister Manajemen atau MM. Kabar tersebut disampaikan Mikha Tambayong lewat unggahan Instagram, Selasa (13/7).

Dalam unggahan tersebut, Mikha Tambayong juga mengumumkan bahwa dirinya juga telah menyelesaikan kursus singkat tambahan dari HarvardX.

"Maudy Mikha Maria Tambayong, S.H., MM, dengan Program Pascasarjana Internasional dari Harvard Business School dan kursus singkat tambahan konsentrasi hukum kontrak dari HarvardX. Dan ini aku persembahkan untuk Mamaku...kami berhasil," tulis Mikha Tambayong.

Dalam unggahan tersebut, Mikha juga membagikan kisah dibalik perjuangannya menjalani studi magister di Harvard University. "Harus bertahan mengikuti kelas online dan mengatasi zona waktu yang berbeda untuk mencapai titik ini. Tapi sekarang saya hanya bisa mengakui kesempatan dan keistimewaan, terutama yang diberikan oleh almamater saya Sekolah Pascasarjana Eksekutif UPH," tulis Mikha.

"Dapat bertemu teman sekelas yang luar biasa, menghadiri kuliah yang berkesan dari profesor di seluruh dunia, dan mengalami perjalanan singkat saya di Harvard meskipun saat ini tidak bisa hadir secara fisik," lanjutnya.

Di akhir pesannya, Mikha juga mengucapkan terima kasih karena dikelilingi orang-orang yang menyayangi dan mendukung perjuangannya menempuh pendidikan di Harvard University. "Karena itu, saya telah mendapatkan gelar Master saya, di sini, di rumah bersama orang-orang yang saya cintai."

"Sehubungan dengan saat-saat yang menyedihkan seperti saat ini, saya sangat berterima kasih dan tidak akan menerima begitu saja. Saya harap Anda juga menemukan secercah cahaya di tengah kegelapan," pungkasnya.

Mikha Tambayong sebelumnya menyelesaikan pendidikan S1 melalui program IEMM UPH. Aktris kelahiran 1994 ini lulus dengan predikat cumlaude dari Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada 2017.

Setelah lulus dari UPH, Mikha melanjutkan pendidikan melalui Program International Executive Master of Management (IEMM) UPH. Melalui program ini, Mikha mendapat kesempatan untuk mengikuti short course atau kursus singkat di Harvard University pada Juni 2020.

Selain Mikha Tambayong, penyanyi sekaligus aktris Maudy Ayunda telah menyelesaikan studi S2 di Stanford University, Amerika Serikat pada Juni lalu. Maudy menyelesaikan pendidikan magister di dua jurusan, Administrasi Bisnis dan Bidang Pendidikan.*