KARO - Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi pada Minggu, (4/7/2021) sekitar pukul 22.15 WIB dengan tinggi kolom abu tidak teramati akibat cuaca kabut. Alat pengukur seismogram menunjukkan amplitudo maksimum 120 mm dengan durasi kurang lebih 1 menit 25 detik. Saat ini Sinabung berada di level tiga atau siaga  dengan rekomendasi agar masyarakat tidak mendekat dengan jarak minimal tiga kilometer dari kawah, serta radius sektoral lima kilometer ke arah Selatan dan timur, dan empat kilometer ke arah Timur dan utara. 

Petugas pos pengamatan Gunung Sinabung merekomendasikan ke masyarakat agar selalu menggunakan masker terutama bila terjadi hujan abu.

"Kami menghimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah sinabung untuk selalu menggunakan masker bila terjadi hujan abu, terutama saat ini merupakan masa pandemi," kata petugas pos pengamatan Dery Alhidayat A Md (5/7/2021). 

Selain itu ia juga mengingatkan kepada warga yang berada dan bermukim di dekat aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk mewaspadai adanya potensi banjir lahar dingin yang sewaktu-waktu dapat terjadi, terutama bila terjadi hujan di kawasan Sinabung seperti saat-saat ini.

Walau begitu, sektor pariwisata di sekitar Sinabung masih aman untuk dikunjungi oleh warga. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung juga di anjurkan untuk selalu menggunakan masker dan melakukan protokol kesehatan.