TOBA - Management perusahaan PT. TPL Tbk menyerahkan terimakan pembangunan jalan Hotmix Bulusilape sepanjang 800 Meter kepada Pemerintahan Desa Pardomuan Sianipar Kecamatan Silaen, Jumat (2/7/2021).

Penyerahan ini diwakili dua Direktur jajaran Direksi Management perusahaan Direktur Manager Humas Jandres H Silalahi bersama Drektur Fiber PT.TPL Parlindungan Hutagaol didampingi Manager Sektor Habinsaran, Tigor Manalu dan Goverment perusahaan PT.TPL Tbk, Tagor Manik.

Acara serah terima jalan hotmix ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Bupati Toba Poltak Sitorus dan Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak bersama dengan Direktur Fiber PT.TPL Parlindungan Hutagaol berikut Kapolsek Silaen Iptu Rudi Tampubolon, Danramil, Silaen Kapt Inf Yustinus Waruwu, Manager Sektor, Tigor Manalu dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan Sianipar, Op Pahala Sianipar.

Kepala Desa Pardomuan Sianipar, Timbang Sianipar menyampaikan pembangunan jalan hotmix sepanjang 800 meter pada Jalan Bulusilape Desa Pardomuan Sianipar yang akan diresmikan dan diserah terimakan PT.TPL kepada Pemerintah desa dan masyarakat Desa Pardomuan ini merupakan pembangunan tahap 2 PT.TPL, di mana sebelumnya pada pembangunan tahap 1 telah selesai sepanjang 556 meter di Jalan simpang jalan baru TPL perbatasan Desa Sidulang sampai ke simpang Bulusilape Desa Pardomuan Sianipar.

Timbang mengakui, warga desa Pardomuan bersama dengan pemerintah Desa tetap kerja sama dengan pihak PT.TPL dalam melaksanakan berbagai program bantuan pembangunan bantuan dari perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Desa Pardomuan Sianipar.

"Pada kesempatan ini saya meminta dan mengajak seluruh warga desa Pardomuan demikian juga kepada pihak perusahaan PT.TPL dengan maraknya isu yang menyatakan "tutup TPL". Kita harus akui dan sadari andaikan memang kalau PT.TPL tidak ada lebih banyak kita warga desa Pardomuan yang lebih susah.yangbartinya dengan keberadaan PT.TPL kita banyak terbantu dan terfasilitasi akan berbagai bantuan kebutuhan dalam upaya peningkatan kesejaheran hidup kita warga Desa Pardomuan Sianipar ini," ujar Kepala Desa sembari mengajak seluruh warganya untuk sadar.

Menurutnya, dengan adanya perusahaan ini akan membawa dampak bagi perkembangan dan peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat. Sesuai aturan perusahaan tersebut berkewajiban memberikan berbagai bentuk bantuan kepada masyarakat sekitar sesuai perkembangan dan peningkatan perusahaan tersebut.

Tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan Op. Sahat Sianipar mendukung PT. TPL dalam menjalankan usahanya perusahaan. Selain itu juga meminta PT.TPL bisa melanjutkan percetakan sawah di Ambarbirong Bulusilape Desa Pardomuan Sianipar yang pada tahun 1989 tertimbun tanah longsor akibat longsornya gunung Bulusilape, pada waktu itu PT. IIU (TPL sekarang) sedang membuka jalan dan pada peristiwa itu menelan banyak korban nyawa dan korban harta.

Sedangkan Plt Camat Silaen Albiker Harrysson Panjaitan berterima kasih kepada PT. TPL atas bantuan yang diberikan berupa pembangunan jalan hotmix sepanjang 1,4 Km dengan 2 tahap pelaksanaan pembangunan, yang diserahkan kepada pemerintah Desa Pardomuan sepanjang 800 meter.

Pemerintah Kecamatan sebutnya, tetap berharap ikatan kerja sama ke depannya tetap terjalin dengan baik dalam upaya peningkatan pelayanan pembangunan di masyarakat.

Direktur Humas Jandres H Silalahi berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Desa Pardomuan kepada PT.TPL dengan berbagai keluhan saran dan pendapat yang telah disampaikan. Pihaknya mewakili management perusahaan akan menampung semua saran dan pendapat serta berupaya melakukan berbagai perbaikan dan perubahan pelayanan perusahaan ke depannya kepada masyarakat luas.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya menyebutkan keberadaan perusahaan yang beroperasi di sebuah daerah akan membawa keberuntungan bagi masyarakat sekitar.

"Dalam upaya membangun berbagai fasilitas kebutuhan masyarakat pemerintah tentunya bergandengan tangan dengan berbagai perusahaan swasta yang ada di daerah guna menjalin kerja sama dalam upaya pemberian pelayanan pembangunan kepada masyarakat. Karena tidak serta merta semua bisa terlayani pembangunannya hanya dengan mengandalkan APBD sendiri," ungkap Bupati.

Oleh karena itu, bantuan pembangunan jalan hotmix di Desa Pardomuan yang telah direalisasikan sepanjang 1,4 Km yang dikerjakan dengan 2 tahap pelaksanaan pembangunan, layak berterima kasih kepada PT.TPL atas bantuan dan perhatian yang diberikan.

Terkait adanya isu dan desakan untuk menutup TPL menurutnya, sah sah saja bersuara dalam ajang demokrasi. Namun semua itu kewenangannya adalah di pemerintah pusat khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam mengambil sebuah keputusan harus dipikirkan berbagai pertimbangan dan dampak yang ditimbulkan. Karena kehadiran PT TPL di Kabupaten Toba, memiliki 7700 karyawan yang mengantungkan hidupnya di perusahaan tersebut.

"Karenanya, perlu dilakukan berbagai kajian dalam upaya mengambil keputusan dan semua itu keputusannya di pemerintah pusat," pungkasnya.