DELI SERDANG - Petani di Kecamatan Pantai Labu mengeluhkan pupuk subsidi sulit didapatkan saat menjelang musim tanam padi di Juli 2021. Hal tersebut diungkapkan sejumlah petani di Pantai Labu saat diwawancarai Gosumut.com, Sabtu (3/7/2021).

"Susah kali sekarang pupuk subsidi bang, di mana-mana nyari gak dapat. Kalau ada pun harganya mahal. Padahal kami belinya, gak diminta," jelas Nababan petani saat berbincang kepada wartawan Gosumut.com di sawah.

Nababan menambahkan, pihaknya tidak mengetahui sebabnya kenapa pupuk subsidi sediri sulit didapatkan yang ada di beberapa tokoh pupuk di wilayahnya.

"Semua pupuk yang dibutuhkan petani gak ada di toko, saat ditanya harus memiliki kelompok tani," ucap Nababan.

Senada dengan Tupon warga Pematang Biara di lokasi sawah menjelaskan, sudah dua kali musim pupuk subsidi sulit didapatkan.

"Tidak hanya kami yang kesulitan mencari pupuk bang. Namun rata-rata masyarakat yang memiliki lahan padi pada mengeluh karena pupuk tidak ada di tokoh," bebernya.

Tupon mengakui, para petani akan terancam dengan kondisinya yang seperti, sulit mendapatkan pupuk.

Tupon berharap kepada pemerintah agar mempermudah kebutuhan petani untuk menyediakan pupuk subsidi lagi dan menyediakan dengan harga yang normal.