PALAS - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), Senin (28/6/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Ponpes Al- Hakimiyah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun ini diikuti penggalang tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 28 hingga 30 Juni 2021.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palas diwakili Ketua Harian Zainuddin Hasibuan SPd MM membuka secara resmi kegiatan Dianpinru ditandai dengan penyematan tanda peserta.

Hadir pada pembukaan Dianpinru, Plt Camat Ulu Barumun, Damhuri Daulay selaku Kamabiran, anggota DPRD Romi Nasution, Pimpinan Ponpes Al– Hakimiyah, Pengurus Kwarran Ulu Barumun, Ketua Mabigus se Kecamatan Ulu Barumun, Barumun dan Lubuk Barumun.

Ketua Panitia Dianpinru Syafaruddin Nasution SPd memaparkan peserta Dianpinru diikuti 2 orang Pinru untuk setiap Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Palas.

"Setiap sekolah mengutus dua orang yaitu putra dan putri Pinru untuk mengikuti kegiatan Dianpinru," kata dia sembari menambahkan kegiatan Dianpinru dilatih oleh Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Palas.

Tujuan diselenggarakan Dianpinru untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan. Para Pinru dalam memimpin pasukan di Gugus Depan (Gudep) masing masing, imbuh Syafaruddin.

Sebelumnya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Palas, H Ali Sutan Harahap (TSO) diwakili Ketua Harian Zainuddin Hasibuan SPd MM mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut program kepramukaan sebagai ekstrakulikuler di sekolah.

Zainuddin berharap peserta mengikuti seluruh rangkaian materi maupun pelatihan sampai akhir kegiatan sehingga memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan.

Selain itu, lanjut dia, pengetahuan yang didapat selama mengikuti pelatihan Dianpinru bisa di mplementasikan untuk diterapkan di lingkungan pasukan pada Gudep masing masing.

Dikesempatan itu juga Zainuddin mengatakan optimis Gerakan Pramuka mampu mandiri dan mampu menjadi wadah untuk membina generasi muda yang berkualitas.