MEDAN - Ratusan orang tua calon siswa minta Dinas Pendidikan Sumatera Utara untuk mengulangi pengumuman Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 secara manual.

Hal tersebut diungkapkan oleh ratusan orang tua calon siswa PPDB 2021 saat mendatangi kantor Dinas Pendidikan Sumut Jumat (18/6/2021).

Pantauan Gosumut.com di lokasi pukul 11.10 Wib, para orang tua datang ke kantor Dinas Pendidikan Sumut, berteriak-teriak sambil mengatakan 'Kami butuh kejelasan dari pihak Dinas Pendidikan terkait pengumumannya'.

Para orang tua yang datang bertujuan ingin meminta kejelasan terkait pengumuman PPDB 2021 yang kurang baik.

"Kami sudah dua hari kemari, untuk mempertanyakan pengumuman tiga jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua yang kurang jelas," ucap Irawan salah seorang orang tua siswa saat protes di Aula Dinas Kesehatan Sumut.

Irawan menambahkan pihak melihat adanya permasalahan di pengumuman PPDB. Katanya awal dilihat lulus dan setelah jam kemudian dilihat lagi tidak lulus.

"Bagaimana dengan anak bapak jika di posisi ini. Kami hanya minta kejelasan saja kenapa bisa begini?," tanya dia.

Irawan meminta pihak Dinas Pendidikan transparan terhadap hasil data dari tiga jalur PPDB tersebut.

"Ketika ditanya soal hasil pengumuman dari sekolah katanya dari pihak Dinas. Setelah ditanya ke Dinas Pendidikan Sumut katanya di sekolah," ujarnya.

Menurut Irawan pengumuman PPDB 2021 sangat kacau sehingga banyak siswa yang rata-rata nilainya tinggi tidak lulus.

Irawan dan orang tua lainnya meminta pengumuman PPDB 2021 dilakukan secara manual.

Sementara itu Sekertaris Dinas Pendidikan Sumut Suhendri di tempat mengatakan agar orang tua siswa menunggu dan sabar.