PALAS – Satu unit rumah di Desa Pintu Padang Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Informasi yang dihimpun di lapangan , Senin (7/6/2021 ) kebakaran itu menghangus seluruh bangunan rumah papan dengan kondisi rata dengan tanah, seluruh barang dan surat berharga  yang ada di dalam juga rumah ludes terbakar.

Pemilik rumah Romadhon Harahap (28) didamping istrinya, Isnatul Khoiriya Hasibuan (26) menjelaskan saat kejadian kebakaran, diri dan istrinya tidak sedang di rumah.

Lanjut Romadhon bersama keluarganya mulai sejak Sabtu (5/6/2021 ) sedang berkunjung ke rumah mertuanya di Desa Sibual buali, Kecamatan Ulu Barumun.

Akibat kebakaran itu, Romadhon bersama keluarganya tidak lagi memiliki rumah hanya  tersisa pakaian yang di pakai di badan.

"Seluruh pakaian barang termasuk pakaian anak -anak  habis terbakar hanya tersisa yang melekat dibadan," ungkapnya dengan mata berkaca -kaca.

Orangtua Romadhon, Ali Asmin Harahap (64) menjelaskan asal usul api yang menyebabkan kebakaran rumah milik anaknya, sampai saat ini belum diketahui dari mana.

"Saluran aliran listrik di rumah dalam kondisi mati karena diputus, sehingga belum diketahui asal api dari mana datangnya," beber Ali Asmin dengan nada heran.

"Sampai saat ini masih menjadi tanda tanya bagi keluarga dari mana asal usul api penyebab  kebakaran ini," tanyanya.

Kades Pintu Padang Zulpan Daulay ditemui wartawan membenarkan ada peristiwa kebakaran satu unit rumah warganya.

Dikatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 12.30 WIB, Minggu (6/6/2021), kobaran api dengan cepat melalap seluruh bangunan rumah papan tersebut beserta isinya.

Akibat peristiwa ini,kata Zulfan, seluruh isi rumah habis termasuk surat penting seperti ijazah juga ikut ludes terbakar.

Atas peristiwa itu, pihak pemerintah desa telah  melaporkan kejadian kebakaran tersebut kepada Pemerintah Kecamatan dan melakukan koordinasi kepada Dinas sosial Kabupaten Padanglawas(Palas), sebut Zulfan.