DELISERDANG - Dua dusun di Deliserdang, Sumatera Utara, ditutup menyusul belasan warga terkonfirmasi Covid-19. Keduanya, Dusun Rahayu A dan B Desa Sumberejo.

Kepala Desa Sumberejo, Edward Manik, mengatakan, penutupan sementara dua dusun tersebut sudah berlangsung sejak empat hari terakhir.

"Sebelumnya, sebanyak 33 warga Desa Sumberejo dilakukan swab. Hasilnya diketahui 12 orang terkonfirmasi Covid-19. Oleh karenanya, Dusun Rahayu A dan B ditutup sementara," ujar Edward Manik, Selasa (25/5/2021).

Edward merincikan, keduabelas warga yang terpapar virus Corona meliputi empat dusun di Desa Sumberejo.

"Di antaranya, Dusun Rahayu A dan B tujuh orang. Dusun Tirta Sari dua warga dan Dusun Sumberejo tiga. Jadi, totalnya ada 12," urainya.

Edward menyebutkan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di desanya, dilakukan vaksinasi massal.

"Kami melakukan swab massal. Diikuti oleh warga yang kontak erat dengan yang terkonfirmasi Covid-19. Diharapkan kepada warga lainnya yang belum pemeriksaan untuk segera datang ke kantor desa. Itu bertujuan mengetahui apakah masyarakat ada dinyatakan positif, sehingga dapat dilakukan pencegahan dini," sebutnya.

Selain itu, kata Edward pihaknya juga memberlakukan penjaga malam dengan sistem bergantian yang menjaganya.

"Bagi warga pendatang yang hendak masuk diputar balik. Begitu juga masyarakat Dusun Rahayu A dan B diimbau untuk berdiam diri di rumah guna mengatasi penyebaran virus Corona semakin meluas," pungkasnya.