MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprakirakan hujan ringan hingga lebat berpotensi di wilayah sebagian pantai timur, lereng timur dan pegunungan Sumut. Sementara wilayah pantai barat diprakirakan hujan ringan hingga sedang. Sedangkan pada dini hari nanti berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah pantai timur dan lereng timur Sumut.

"Memang pagi hari tadi, cuaca cerah berawan di wilayah Sumut Hujan ringan di sebagian wilayah pantai timur dan lereng timur Sumut pada siang hari," kata Petugas Forecaster BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Kamis (20/5/2021).

Pihaknya pun mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah pegunungan, pantai timur dan lereng timur Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Lestari mengatakan secara umum suhu udara di wilayah Sumut, 24.0-31.0°C, kelembapan udara 60-95%. Angin mengarah barat daya-barat Laut, 5-30 Km/jam. Selanjutnya, titik panas (hotspot) di Sumut tidak terdapat titik panas.

Prakiraan gelombang laut di Samudera Hindia Barat Nias (Tinggi 2.5-4.0 meter), Perairan Utara Sabang, Selat Malaka Bagian Utara, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Nias-Sibolga (Sedang 1.25-2.5 meter). (*)