JAKARTA - Lama tidak muncul ke publik, sembilan penyanyi legendaris Indonesia, termasuk Yuni Shara bersiap menggelar konser virtual untuk menghibur penggemar mereka dalam konser bertajuk All-Star Legends Virtual Concert 2021. Mereka terdiri dari The Gentlemen, yang terdiri dari Fariz RM, Tony Wenas, Mus Mujiono, dan Deddy Dhukun, serta grup Rumpies yang beranggotakan Vina Panduwinata, Yuni Shara, Memes, Ita Purnamasari, dan Trie Utami

Tak hanya memberikan hiburan, konser ini juga digelar sebagai tribute untuk para anggota KRI Nanggala dan anggota TNI yang meninggal di Papua.

"Konser ini gratis, nanti akan ada lucky draw, dapat fasilitas diskon, kami tidak mau hanya bernyanyi, nanti ada acara khusus tribute untuk patriot kita, nanti juga ada dompet untuk menggalang dana buat patriot kita," ujar Yozua Makes, pendiri sekaligus pemilik Plataran Group dalam jumpa pers virtual (18/5).

Yozua menjelaskan bahwa konser virtual ini akan berlangsung selama 2,5 jam di area panggung terbuka Majapahit yang merupakan bagian dari Amphitheater Hutan Kota by Plataran di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Para musisi yang terbagi dalam dua grup tersebut akan menyanyikan lagu-lagu hits anggota mereka masing-masing seperti Sakura dan Nurlela.

Dalam kesempatan ini, Fariz RM mengaku bahwa ia dan anggota The Gentlemen telah melakukan sejumlah persiapan mulai dari pemilihan lagu hingga aransemen yang akan melibatkan talenta muda.

Fariz juga mendedikasikan lagu-lagu tersebut sebagai penghormatan terakhir untuk prajurit TNI yang gugur baik dalam latihan maupun saat bertugas.

"Kami ini terbiasa bukan hanya hadir untuk popularitas, bukan hanya hadir untuk menghibur, kami juga terbiasa membawa sesuatu, kami membawa pesan moral, tanggung jawab moral, karena kami adalah penyampai, karena lagu-lagu kami selalu membawa inspirasi positif untuk masyarakat," ujar Fariz RM.

Sementara itu, Trie Utami yang hadir dalam acara ini juga mengatakan bahwa dirinya dan keempat anggota Rumpies akan membawakan penampilan yang berbeda dari sebelumnya.

"Persiapannya memang tidak seperti biasa, dimulai dari kita memilih lagu, kami pilih lagu yang tepat yang sesuai dengan pergelaran yang membawa pesan yang cukup spesifik, lagu itu akan diaransemen baru dengan komposisi vokal baru, jadi tahapannya agak panjang," ujar Tri Utami.

Kendati demikian, pelantun lagu Keraguan ini masih belum membocorkan judul lagu yang akan mereka bawakan.

"Jadi penampilan ini tidak bisa disaksikan di tempat lain, kami akan tampil berlima terus. Kami tidak akan tampil sendiri-sendiri.. kami akan membawakan hits kami Kasih Putih, lima lagu lain tebak ya," pungkasnya.

Yozua Makes mengatakan bahwa bahwa pendaftaran konser All Star Legends Virtual Concert 2021 telah dibuka dan penonton dapat mendaftarkan diri pada formulir pendaftaran di website Plataran. Acara ini akan dibawakan secara interaktif dengan Daniel Mananta sebagai pembawa acara.

"This is very rare circumstances, semua penyanyi terbaik berkumpul di sini, nanti akan dipandu oleh Daniel Mananta, jadi daftar di www.plataran.com, ikuti petunjuk di dalamnya, acaranya juga tayang di YouTube Plataran," ujar Yozua.*