TOBA - Dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H dan perayaan Paskah (Kenaikan Isa Almasih) tepatnya 13 Mei 2021, arus lalulintas sepanjang Jalan Negara Lintas Sumatera (Jalinsum) Aek Natolu Polsek Lumbanjulu tanpak lengang dari kendaraan khususnya kendaraan angkutan umum. Sepinya kendaraaan arus mudik atas pelaksanaan operasi ketupat Toba 2021 dalam upaya pengetatan larangan Mudik 2021 pasca paparan wabah pandemi Covid-19 di tahun 2021 dengan pengetatan larangan mudik di titik pos penyekatan Covid-19 oleh tim satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Toba Polsek Lumbajulu jajaran Polres Kabupaten Toba.

Perwira Andalan (Padal) Pos Penyekatan Covid-19 Aek Natolu Kecamatan Lumbanjulu AKP.Robinson Sembiring selaku Kapolsek Lumbanjulu kepada Gosumut saat dikonfirmasi, Selasa (11/5/2021) di Pos Penyekatan menyampaikan, hari pertama pelaksanaan operasi Kamis (6/5/2021) hingga Selasa (11/5/2021), pihaknya berhasil memutarbalikkan kendaraan sebanyak 21 unit yang datang dari arah Medan menuju dan melintasi Kabupaten Toba di pos penyekatan Covid-19 Aek Natolu, Kecamatan Lumbanjulu.

"Kendaraan yang diarahkan diputarbalikkan yakni kendaraan pribadi yang saat diperiksa memiliki kartu identitas luar daerah Kabupaten Toba," jelasnya.

Enam hari pelaksanaan operasi penyekatan, imbuh dia, ke 21 unit kendaraan yang berhasil diarahkan diputarbalikkan diantaranya pemudik yang mengendarai sepeda motor 4 unit dan 17 unit mini bus pribadi.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat marilah mematuhi peraturan larangan mudik sebagaimana protokoler kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah saat ini demi memutus mata rantai paparan dan penyebaran wabah pandemi Covid-19," pesannya.

Kapolsek juga meminta harus saling menjaga demi kesehatan dan keselamatan kita bersama. "Jangan sampai negara kita mengalami korban seperti yang dialami negara India saat ini oleh karena paparan wabah pandemi Covid-19 di mana warganya tidak seirus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pemerintahnya untuk menghindari paparan Covid-19," imbaunya.