PADANGSIDIMPUAN - Sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Padangsidimpuan kecewa, sebab hingga 4 hari menjelang lebaran, Pemerintah Kota Padangsidimpuan belum juga memberikan gaji, tunjangan hari raya (THR) dan tunjangan kinerja (TPP) sebagaimana disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bekauda) akan dicairkan Jumat (7/5/2021). Namun hingga Sabtu (8/5/2021) belum juga terealisasi.


Salah seorang PNS Kota Padangsidimpuan yang bertugas di Kelurahan, BA mengatakan dirinya hingga Sabtu sudah mengecek berulang kali ke ATM namun belum ada tambahan di luar gaji atau tunjangan.

"Ngak ada masuk, masih empat ribunya saldonya. Kabarnya Jum’at paling lama keluar, ngak adanya? sudah berulang kali saya dan istriku ke sana," katanya.

Ianya juga mengatakan keterlambatan gaji tersebut, sudah terjadi selama empat bulan terakhir dan yang paling mendesak jelang lebaran tahun ini.

"Ia saya ngak ngerti kenapa bisa demikian. Padahal selama ini kami sabar tiap bulan telat, masa ini mau lebaran juga telat, ngak ada perasaan. Kalau soal katanya ada masalah ya jauh-jauh hari dipikirkan kianlah solusinya bulan kemarin biar semua ngak jadi korban," ucap BA dengan nada kecewa.

Sebelumnyam Jumat (7/5/2021) Kepala Badan Keuangan Daerah (Bekauda) Kota Padangsidimpuan Sulaiman Lubis mengatakan pihaknya sudah siap membayarkan seluruh gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjumlah 3800 orang serta gaji dan THR, honorarium Kota Padangsidimpuan berjumlah 3000 orang.

Termasuk perangangkat desa berjumlah 252 orang sudah terlebih dahulu dibayarkan. Sedangkan sertifikasi guru Rp 14 miliar dan tukin secara keseluruhan juga dicairkan.

"Yang kita bayarkan hari ini gaji, THR, sertifikasi, tunjangan penghasilan (Tukin) untuk PNS, sedangkan untuk honorer gaji dan THR juga kita bayarkan hari ini. Sudah di bank sumut untuk proses pembayaran, semua melalui rekening,” ujar Sulaiman Lubis.

Sulaiman Lubis menambahkan kendala selama ini karena adanya pegawai yang berjabatan anggaran tunjangan jabatannya belum lengkap.

"Ada kendala ada pegawai yang berjabatan belum dianggarkan, ini sudah beres. Termasuk nanti gaji ke 13 dan 14, itulah dasarnya penggajian bulan 5, ini sudah lengkap," tegas Sulaiman.