LANGKAT - Polres Langkat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2021, Rabu (5/5/2021) di Lapangan Jananuraga Polres Langkat, Stabat. Apel Operasi Ketupat yang dilaksanakan selama 12 hari dimulai 6 - 17 Mei 2021, dipimpin Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Kapolres Langkat, AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Bupati pada amanatnya menyampaikan amanat tertulis Kapolri Jend Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Operasi mengedepankan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakkan hukum di pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah sekaligus penerapan prokes guna pencegahan Covid-19, agar masyarakat merayakan idul fitri merasa aman dan nyaman," ujar dia.

Selanjutnya, Bupati menekankan beberapa hal kepada petugas seperti pembatasan mobilitas masyarakat secara persuasif dan humanis agar dapat memahami situasi pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Sehingga keinginan untuk mudik ke kampung halaman dapat diurungkan, serta memahami larangan mudik yang diamanatkan Pemerintah," ungkapnya.

Dia juga berharap agar berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder terkait, untuk melakukan pengawasan secara ketat di tempat wisata.

"Agar membatasi jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari daya tampung," sebutnya.

Bupati juga meminta, Satgas pangan agar betul-betul memainkan perannya untuk membantu pemerintah, dalam menjamin ketersediaan bahan pokok dan pengendalian harga serta melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, bertindak secara tegas namun humanis terhadap pelanggaran hukum.

Peserta apel gelar pasukan ini diikuti personel Polres Langkat, Yon Marinir 8 T. Lagan, Kodim 0203 Langkat, Brimob Den A Binjai.