SERGAI - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian RI menargetkan penanaman padi di Serdang Bedagai mencapai 44 ribu hektar pada periode musim tanam II (MT-II) April hingga September 2021.


Target ini diungkapkan Kepala Badan Karantina Pertanian Republik Indonesia, Ali Jamil usai melakukan kegiatan olah tanah dan tanam padi bersama Bupati Darma Wijaya di Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban, Minggu (2/5/2021).

Ali mengatakan, target ini ditambah dengan minus realisasi target tanam pada periode Oktober-Maret 2021 lalu.

"Dengan semangat dorongan serta dukungan dari Pak Bupati akan menjadi motivasi bagi masyarakat kita semua. Mudah-mudahan target ini tercapai," ucapnya.

Ali mengatakan untuk Sumut, target tanam seluas 420 ribu hektar dan secara nasional mencapai 6 juta hektar.

Selain itu, Ali mengapresiasi langkah Bupati Darma Wijaya yang melakukan cetak sawah baru. Menurutnya langkah ini sangat baik di tengah menurunnya luas baku lahan karena alih fungsi lahan.

"Dengan menyadari terpakainya beberapa areal sawah Serdang Bedagai untuk program strategi nasional seperti jalan tol, Pak Bupati bergerak melakukan cetak sawah baru. Ini kabar baik," ucapnya.

Terkait permohonan eskavator, Ali mengungkapkan akan meneruskannya ke Menteri Pertanian.

"Terkait dengan permohonan eskavator untuk melakukan pencetakan sawah, saya akan laporkan ke Pak Menteri. Saya kira ini positif dan mudah-mudahan Pak Menteri bisa memberi perhatian khusus," katanya.

Mendengar sambutan baik dari Badan Karantina, Bupati Serdang Bedagai mengucapkan terima kasih dan berharap permohonan permintaan terkait eskavator bisa terkabul sehingga mempercepat proses pencetakan sawah.

"Selama ini apa yang kita rencanakan ada sambutan baik. Harapan kami apa yang kita sampaikan tadi bisa tercapai lah," ucapnya.

Darma mengungkapkan sampai saat ini sudah ada 100 lahan yang sudah dicetak. Ia akan memfokuskan lahan-lahan eks tambak yang ada di pesisir pantai dari mulai garis pantai Perbaungan sampai Bandar Khalipah Dijadikan sawah baru.

"Mudah-mudahan dengan pertemuan ini permintaan kita bisa terkabul dan bisa diproses dengam cepat," ucapnya.