PALAS - Pemkab Padanglawas (Palas) memperingati Nuzulul Qur'an di Masjid Al Munawwaroh Sibuhuan, Rabu (28/4/2021) malam.

Peringatan malam Nuzulul Qur'an tetap mematahui protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker dengan jumlah yang hadir dibatasi.

Wakil Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan dalam suasana pandemi Covid, peringatan malam Nuzulul Qur'an tetap disiplin protokol kesehatan.

Ia menyampaikan melalui peringatan Nuzulul Qur'an momentum meningkatkan amal ibadah dan kebaikan.

Ia juga berpesan, seluruh ASN di lingkungan kerja Pemkab Palas bisa mengaktualisasikan pemahaman isi dalam Al Qur'an untuk kegiatan sehari -hari dalam beraktivitas dan tidak melenceng dari Al Qur'an dan sunnah.

Zarnawi berharap, elemen masyarakat mendukung program Bupati Padanglawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) untuk membangun satu desa satu rumah Tahfiz untuk mencetak generasi muda yang Al Qur'ani.

"Hal itu sejalan dengan visi-misi Kabupaten Padanglawas mewujudkan Kabupaten yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," kata Wabup.

Menurut Wabup, jika di tahun-tahun sebelumnya telah menjadi budaya di daerah menyerahkan zakat selalu di penghujung Ramadhan.

Menyusul Covid -19 yang sudah sangat dirasakan maka diimbau kepada seluruh elemen masyarakat segera menyerahkan zakat ke amil zakat yang ada di tempat masing-masing.

Setelah zakat terkumpul bisa segera disalurkan dan diberikan kepada mustahak, termasuk keluarga dhuafa dan anak yatim.

Apalagi di tengah situasi seperti saat-saat ini, banyak keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19, yang membuat ekonomi masyarakat semakin sulit dan memprihatinkan, ungkap Wabup.

Sementara Al Ustadz, H Ahmad Fauzan Nasution SQ SHI MPd, menyampaikan keutamaan malam Nuzulul Qur’an dengan memperbanyak ibadah, termasuk bayar zakat dan bersedekah.

Selain itu, Al Ustad H Achmad Fauzan Nasution berpesan, para orang tua untuk selalu menanamkan Al Qur'an dihati para anak -anak sehingga memberikan pemahaman yang mendalam untuk selalu melekat sebagai generasi Al Qur'ani.

Hadir dalam kegiaatan ini, Sekda Palas, Arpan Nasution, Kapolres Padanglawas, AKBP Jarot Yusviq Andito SIK, Kajari Palas, Teuku Herizal SH MH, Pimpinan OPD serta Camat se-Palas dan para alim ulama.