JAKARTA - Gelaran Oscar 2021 mencatat rekor rating terendah sepanjang sejarahnya. Berdasarkan Nielsen, Academy Awards ke-93 hanya menarik sekitar 9,8 juta penonton melalui siaran ABC pada Minggu (25/4) waktu setempat. Angka tersebut turun sekitar 58 persen dibandingkan jumlah penonton tahun lalu yang juga disebut-sebut sebagai terendah, yakni 23,6 juta penonton.

Sejumlah upaya yang disiapkan seperti memungkinkan tamu hadir tanpa masker, produksi bergaya film yang diarahkan Sutradara Steven Soderbergh (Ocean's Eleven), hingga perubahan format di detik-detik terakhir tak bisa mengerek rating acara.

Seperti dilansir CNN, Oscar tetap menjadi salah satu siaran yang paling banyak ditonton. Namun, penayangannya terus menurun dalam beberapa tahun terakhir, terutama kala pandemi Covid-19. Padahal tujuh tahun lalu, Oscar bisa menarik lebih dari 40 juta penonton.

Namun, Oscar bukan satu-satunya ajang yang kehilangan penonton. Acara penghargaan papan atas dunia seperti Emmy, Grammy, dan Golden Globes juga anjlok selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Nielsen, penyelenggaraan ke-78 Golden Globe yang dilakukan dari New York City dan Los Angeles itu hanya mendulang 6,9 juta penonton di saluran televisi NBC dengan rating hanya 2,1 persen.

Capaian itu menjadi catatan terendah dalam sejarah 27 tahun Golden Globe di saluran televisi tersebut. Angka itu juga tercatat turun 62 persen dari tahun sebelumnya yang mampu menggaet 18,3 juta penonton dan rating 4,7 persen.

Di sisi lain, Oscar juga mengalami kesulitan karena film-film yang masuk nominasi utama tidak begitu dikenal khalayak umum. Produsen banyak menunda film-film blockbusternya karena berharap itu bisa disaksikan penonton di bioskop pada 2021 dan 2022.

Selain rating menurun, sejumlah kritikan juga diberikan kepada penyelenggaraan Oscar 2021. Salah satu yang paling disoroti adalah memindahkan urutan pengumuman Film Terbaik (Best Picture).

Biasanya, kategori Film Terbaik akan selalu menjadi acara puncak dan dibacakan paling akhir. Namun, Oscar 2021 membuat pengumuman Film Terbaik menjadi satu segmen sebelum Aktor Terbaik.

Hal tersebut membuat penonton berharap piala Aktor Terbaik akan diberikan kepada mendiang Chadwick Boseman.

Namun, Oscar 2021 dinilai memberikan akhir yang antiklimaks dengan memberikan penghargaan kepada Anthony Hopkins atas penampilannya dalam film The Father. Hopkins tak menghadiri Oscar 2021.