MEDAN - Dibalik suksesnya PT Aquafarm Nusantara (PTAN) dengan produk budidaya perikanan Naturally Better Tilapia yang berkualitas tinggi yang diproduksi untuk pasar dalam dan luar negeri ini terdapat banyak dukungan tangan tangan lembut kaum wanita, salah satunya adalah Sri Rusmiana Wati. Wanita yang kesehariannya menjabat sebagai Direktur di Perusahaan pengolahan ikan PT Aquafarm Nusantara. “Itu sebentuk emansipasi wanita, bahwa kini dihampir semua posisi pekerjaan itu ada kaum wanita,” tutur Sri Rusmiana Wati dalam sebuah obrolan ringan bincang bincang semangat Kartini dalam momen berbuka puasa bersama, Minggu (25/4/2021) malam.

Pengidola tokoh Wanita RA Kartini yang sangat terinspirasi dengan buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini membuktikan dalam dunia kerja, wanita tetap bisa mengambil peran penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan tidak memandang perbedaan gender dalam perekrutan dan jabatan. Seseorang yang bisa mewujudkan komitmen tinggi, integritas, disiplin, jujur akan bisa menduduki posisi apapun.

Menerapkan prinsip the right man on the right place. Seseorang direkrut berdasarkan kapasitas dan kemampuan masing masing. Memang ada beberapa posisi yang diaggap cocok untuk gender tertentu, seperti bagian pembongkaran, ini ditempatkan untuk Laki-Laki.

“Nah, seperti ini sebagai bentuk memuliakan kaum wanita,” tuturnya.

Ana termasuk karyawan terlama di perusahaan asal Swiss ini, malah sebelum PTAN sendiri beroperasi. “Sekarang saya sudah 25 tahun,” imbuhnya. Masih jelas dalam ingatannya bagaimana kala itu dirinya termasuk dalam tim yang turut mengurus legalitas perizinan perusahaan.

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Kalinyamat, Jepara, ini mengatakan, bahwa dirinya bergabung dengan Aqua Farm Nusantara sejak tahun 1996. Bahkan, tujuh hari sebelum pabrik berdiri, dirinya sudah bergabung dengan posisi sebagai kepala divisi quality control.

Tiga bulan kemudian, manajemen mempercayakan dirinya untuk menjabat sebagai plant manager. Dan secara bertahap karir Ana terus berkembang.

"Tahun 1998, Aqua Farm Nusantara hadir di Sumatra Utara dan pada tahun yang sama kami juga membuka cabang di Hounduras," tuturnya.

Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan, karir Sri Rusmiana Wati juga terus berkembang. Hingga akhirnya, dirinya mendapat kepercayaan sebagai direktur pengolahan.

Sebagai orang yang mendapat kepercayaan untuk mengisi posisi tersebut, Sri Rusmiana Wati, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengolahan ikan Tilapia yang dilakukan sekitar 1.600 karyawan PT Aqua Farm Nusantara sesuai standar yang ditetapkan, baik oleh Pemerintah Indonesia maupun negara tujuan ekspor.

"Di samping standar yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan masing-masing negara tujuan ekspor, kami juga harus mematuhi standar internasional yang ada. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami," ujar wanita kelahiran 1970 ini.

Ana mengatakan, diperlukan tim yang kuat dan solid untuk dapat memenuhi standar yang ditetapkan tersebut. Dan kunci dari terbentuknya tim yang solid tersebut adalah kerja sama yang erat di antara sesama karyawan PT Aqua Farm Nusantara.

Dirinya mengakui perusahaan tersebut memiliki aturan dan standar ketat yang harus dipenuhi. Hal ini diwujudkan dalam Key Performance Indicator (KPI) yang harus dapat dicapai setiap karyawan.

"Kita harus memiliki integritas, kejujuran, disiplin, komitmen kuat yang muncul dari dalam diri dan dapat berkontribusi yang besar bagi perusahaan," tuturnya.

Sejauh ini, jelasnya, hal itu mampu dipenuhi oleh dirinya. Keberhasilan itu tidak lepas dari pedoman hidup yang dipegangnya selama ini. "Bagi saya, bekerja itu adalah bagian dari ibadah. Semakin kita bekerja keras, maka itu berarti semakin tinggi ibadah kita. Dan jangan lupa, apapun tantangan yang kita hadapi itu harus selalu kita syukuri," tuturnya.

Dalam kesibukannya sebagai wanita karier,di rumah tangga Ana menjalani fungsinya sebagai isteri dan ibu. Tidak jarang, Ana juga bertindak sebagai guru untuk membantu ketiga anaknya belajar. “Saya memanfaatkan jaringan sosial seperti Wa untuk terus melakukan komunikasi dengan keluarga,” imbuhnya seraya mengatakan keluarga sangat mendukung karier yang diembannya.