SERGAI - Dalam hitungan menit di guyur hujan dan sertai angin kencang, 59 Unit rumah di 6 Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (23/4/2021) sekira pukul 21.00 Wib, rusak akibat hantam angin puting beliung.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerusakan sebagian rumah warga mengalami rusak berat, ringan dan sedang. Mayoritas atap rumah warga beterbangan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Serdang Bedagai, Hendri Suharto dikonfirmasi GoSumut, Sabtu (24/4/2021) menjelaskan akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang pada Jumat malam, mengakibatkan 59 rumah warga yang tersebar di 11 Desa dengan 6 Kecamatan, terkena bencana alam angin puting beliung.

"Adapun jumlah bencana alam angin puting beliung yang tersebar di 6 Kecamatan yakni di Kecamatan Perbaungan sebanyak 18 unit rumah, Sei Rampah 5 unit rumah, Teluk Mengkudu 7 unit rumah, Sei Bamban 3 unit rumah, Tanjung Beringin 8 unit rumah dan Pantai Cermin sebanyak 18 unit rumah," rincinya.

Dalam bencana angin puting beliung, lanjut Hendri Suharto, BPBP, Dinsos, Dinkes dan Satpol PP dan Muspika Kecamatan sudah berupaya mendirikan posko di masing masing desa dan mendata jenis dan jumlah kerusakan.

Selain itu, BPBD juga sudah menyalurkan secara simbolis berupa bantuan sembako, material dan masker kepada korban bencana dan sekaligus mendirikan dapur umum.

Dalam kesempatan yang sama, Hendri juga menghimbau masyarakat tetap waspada sebab kondisi cuaca cuaca terkini, hujan ringan dan masih akan berpotensi terjadi angin kencang yang diperkirakan mulai tanggal 24 April 2021 hingga 27 April 2021.