LABURA - Bulan Ramadhan memang bulan istimewa. Dalam bulan ini banyak sekali anugerah yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam yang menunaikan puasa. Pahala yang diberikan Allah juga maha besar. Dalam hadits Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam disebutkan: “Allah subhanahu wata’ala berfirman, ‘Setiap amal kebaikan memiliki balasan pahala sepuluh kali lipatnya sampai tujuh ratus kali lipat kecuali ibadah puasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untukku dan aku yang akan membalaskan pahalanya’. (HR. Bukhari).

Menurut Ketua Forum Muballigh (Formula) Labuhanbatu Utara, Al-Ustadz H Syahrial Nasution, paling tidak ada empat nilai pendidikan dalam ibadah puasa Ramadhan.

"Yakni: yang pertama, mendidik kita agar kita merasakan apa yang dirasakan oleh orang fakir dan miskin, yang kedua yaitu mendidik kita menjadi orang yang sabar dan yang ketiga mendidik kita menjadi orang yang disiplin serta yang ke empat mendidik kita menjadi orang yang punya keyakinan yang kuat terhadap Allah SWT yang maha melihat dan maha mengetahui," jelas Syahrial, ustadz kondang Labuhanbatu Utara, Jumat (23/4/2021).

Lanjut Syahrial bahwa bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk menggapai derajat taqwa. Hal ini sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

“Bulan ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk menggapai derajat taqwa. Hal ini sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)" Sebut Ustadz Syahrial.