PALAS - Indonesia merupakan surganya kuliner. Apalagi setiap bulan suci Ramadhan tiba. Di daerah tertentu pasti punya yang namanya makanan ciri khas tersendiri.

Seperti di Kabupaten Padanglawas yang beribukota Sibuhuan, setiap Ramadhan pasti akan menemukan makanan khasnya seperti rotan muda atau lebih dikenal dengan sebutan Pakat.

Masyarakat di daerah ini merasa kehilangan, jika tidak menemukan atau menyantap Pakat sebagai hidangan pada saat berbuka puasa.

"Rotan muda yang dibakar lalu dikupas dan muncul isinya berwarna putih dan lembut menjadi ciri khas makanan daerah yang rasanya cukup enak untuk dimakan sudah menjadi khas daerah yang sampai kini masih dicari masyarakat," kata Hasibuan, Jumat(23/4/2021) di Sibuhuan.

Di tempat terpisah, salah seorang pemilik rumah makan, M.Lubis mengatakan hidangan rotan muda tersebut dibakar dan dibumbui menjadi hidangan khas yang digemari masyarakat saat berbuka puasa.

Lubis menambahkan, hidangan Pakat sebagai lalapan pada saat makan sudah menjadi ciri khas unik yang cukup disenangi masyarakat sebagai hidangan menu makan.

Ciri khas daerah ini banyak muncul ketika bulan Ramadan.Sehingga kerap jadi incaran untuk menu buka puasa.Tidak sedikit orang yang rela menyisihkan waktu untuk berburu Pakat makanan tradisional khas Ramadan,ujar Lubis.