SERGAI - Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya buka puasa bersama Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Sergai dan berbagai lapisan masyarakat di Masjid Agung Sergai, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (22/4/2021).

Dalam sambutanya, H Darma Wijaya menyampaikan berbuka puasa itu tidak perlu harus dengan hidangan dan menu yang mewah. Namun yang terpenting bagaimana bisa memaknainya.

"Jika ingin berbuka puasa cukup dengan menyajikan menu yang sederhana namun, menu tersebut memiliki sunnah untuk dikomsumsi sebelum makanan yang lain," ujarnya.

Menurutnya, satu buah kurma dan mie balap sudah cukup sebagai makanan awal membatalkan buka puasa, kemudian dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah, barulah menikmati makanan lain maupun minuman yang sudah disajikan.

"Alhamdulillah antusias masyarakat berbuka puasa dan sholat berjamaah setiap hari di Masjid Agung Sergai mulai meningkat. Ini hari IWO, esok atau lusa diharapkan ada wadah masyarakat maupun organisasi lain yang berbuka puasa dan solat bersama di Masjid Agung Sergai berbaur dengan masyarakat," pungkas Bupati Sergai.

Sementara Ketua Ikatan Wartawan Online Sergai Zuhari mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk menjalin silahturahmi dengan semua kalangan masyarakat dan memakmurkan masjid.

"Bersyukur kepada Allah SWT, buka puasa hari ini, Bupati Sergai H Darma Wijaya berkenan meluangkan waktunya untuk duduk bersama menyantap menu buka puasa yang sederhana di Masjid Agung Sergai," ucap Zohari.

Ia mengaku salut dengan Bupati yang berbaur dengan masyarakat menikmati Mie Balap, hanya beralaskan daun Pisang saat berbuka puasa.

"Ini salah satu bentuk kesederhanaannya, meski jadi Bupati makanannya tetap sederhana dan mesti harus mewah," ungkap Zuhari.

Hal serupa dikatakan Ketua BM3 Sergai Yunassril SH MKn didampingi Kikky Febriasi SH MKn, menuturkan kesederhanaan Bupati Sergai perlu menjadi contoh.

Dalam berbuka puasa turut hadir Asisten I Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat SSos MSi, Asisten II Ir Kaharuddin, Asisten III Irwani Jamilah SH, Kadis Lingkungan Hidup Sergai Panisean Tambunan SE, Kadis Parbudpora Sergai Sudarno SSos.

Kemudian Kaban PKA Sergai Rusmani Purba SP MSi, Ketua BM3 Sergai Yunasril SH MKn, Kikky Febriasi SH MKn, Pengacara Ismet Lubis SH MSP CPCL, Ketua IWO Sergai Zuhari, Sekretaris Sutrisno, pengurus dan Agib Putra dari Bupati Sergai H.Darma Wijaya.

Selanjutnya tampak juga Pj Camat Tanjung Beringin Elmiyati S AP, tokoh pemuda Sergai Abdur Rahim SH, Sekcam Sei Rampah Dr Khairul Hakim, SSos MSi, Sekcam Tanjung Beringin, Kades Cempedak Lobang Edi Muslih, dan staf Camat Tanjung Beringin.