PALAS - Wakil Bupati Padanglawas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Camat Barumun Selatan, Afner menghadiri bakti sosial sunat massal di Puskesmas Batang Bulu.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dimulai Selasa hingga Rabu(21/4/2021).

Dalam sunat massal yang dilaksanakan Kwarcab Pramuka Palas bekerjasama dengan Pemkab Palas, memberikan khitanan gratis kepada 100 anak di wilayah Kecamatan Barumun Selatan.

Wabup Zarnawi di kesempatan itu terlihat memberikan semangat kepada anak laki-laki dari keluarga kurang mampu yang mengikuti sunatan massal tersebut.

Wabup mengatakan, khitanan massal secara gratis dimaksudkan sebagai upaya kerja nyata Kwarcab Pramuka dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi-misi Kabupaten Palas yang salah satunya mensejahterakan masyarakat.

Dikatakan, berkhitan merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yang wajib dilakukan kaum laki-laki memasuki usia remaja.

“Dari pandangan agama, fungsi khitan adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik, sehingga dalam melaksanakan ibadah menjadi lebih baik,” katanya.

Sedangkan dari pandangan medis, lanjut Wabup, khitan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat sembunyinya kotoran, virus, bakteri dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan kaum laki-laki.

Ia berharap, melalui bakti sosial pelayanan sunatan massal akan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat, baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan.

"Bakti sosial khitanan massal ini sebagai bentuk perhatian dari Kwarcab Pramuka dan Pemkab Palas terhadap masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan yang membutuhkan," timpal Wabup.

Turut serta mendampingi Wabup Zarnawi, staf ahli bidang kemasyarakatan dan ekonomi, Irwan Halomoan Hasibuan Kepala Inspektorat Kabupaten Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar, Plt Kadis Kesehatan dr.Ummi Sahara Matondang dan Ketua Harian Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan.