SAMOSIR - Jalan lingkar Samosir tepatnya menuju air terjun Sigarattung Sampuran Na Pitu, Desa Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo, amblas sepanjang kurang lebih 30 meter, Sabtu (17/4/2021) sekira pukul 03.00.


"Kejadian sekitar pukul 03.00. Memang hujan turun tidak begitu deras, namun cukup lama. Mungkin akibat guyuran hujan itu," tutur salah satu pekerja jembatan di lokasi Sigarattung, Tomas Tobing.

Dia menyebutkan, tidak ada korban saat jalan amblas, tetapi mengakibatkan arus listrik padam.

"Tidak ada korban, hanya satu tiang listrik tumbang, sehingga arus listrik padam dan kini sedang dalam perbaikan oleh pihak PLN," pungkas Tomas.

Pantauan dari lokasi, jalan amblas hingga ke kedalaman kurang lebih 20 meter sempat mengganggu arus lalu lintas akibat tumbangnya satu unit tiang listrik dan butuh beberapa jam untuk perbaikan oleh pihak PLN.

Tidak hanya itu, bila hujan berlanjut turun, dikhawatirkan jalan amblas secara keseluruhan sehingga memutus total arus lalu lintas jalan penghubung dari arah Simanindo menuju kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir.

Tidak hanya itu, akibat guyuran hujan, disepanjang jalan lingkar nasional Simanindo-Onanrunggu banyak tanah longsor skala kecil dan potongan pohon tumbang yang menggangu para pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada upaya penanganan dan antisipasi yang dilakukan pihak pemerintah untuk menghindari terjadinya korban jiwa dan guna memperlancar arus lalu lintas.