ASAHAN - Bulan suci Ramadhan tiba dan membawa berkah terhadap umat Islam. Bukan hanya keberkahan pahala berlipat ganda saja yang didapat, tetapi penghasilan juga bertambah. Di Kota Kisaran dan di seluruh penjuru desa yang ada di Kabupaten Asahan, masyarakat menengah ke bawah banyak mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan takjil untuk berbuka puasa.

Di Kota Kisaran, ramainya pembeli sampai memadati jalanan seperti di Jalan Imam Bonjol depan Masjid Raya dan Simpang 6 Kisaran.

Ramai pengunjung membuat semangat para pedagang takjil bertambah. Sebab, penghasilan yang diperoleh setahun sekali ini akan bertambah apabila pengunjung semakin banyak.

Seperti kata Santi (26) pedagang bukaan puasa berupa varian es buah, sip buah dan lainnya di depan Masjid Raya, Jalan Imam Bonjol, Kisaran. Ia merasa sangat senang apabila bulan puasa tiba.

"Lumayan bang, jadi penghasilan tambahan. Setidaknya untuk lebaran pun bisa lah hasilnya," terang Santi.

Ibu muda yang berjualan setiap bulan puasa sejak duduk di bangku SMA itu mengatakan, bahwa pembeli selalu ramai dari mulai hari puasa pertama hingga pertengahan puasa.

"Dari puasa pertama sampai pertengahan lumayan rame bang. Setelah itu baru agak sepi biasanya," terangnya lagi.

Terpisah, Nur pedagang pecak dan kue untuk bukaan puasa juga merasa sangat terbantu disaat bulan puasa tiba.

Menurutnya, dengan berdagang bukaan, mampu membantu perekonomian disaat akan menghadapi hari raya Idul Fitri.

"Lumayan juga lah, bisa jadi pendapatan tambahan," tuturnya.