SERGAI - Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021 di lapangan Mapolres Sergai di Seirampah, Senin (12/4/2021) sekira pukul 08.00. Adapun perwira apel AKP Agung Basuni selaku Kasat Lantas Polres Sergai, sedangkan komandan Apel Ipda R Helmi yang turut hadir perwira Polri, POM dan Provos, TNI dan seluruh personil Polres Sergai, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan Senkom dan Saka Bhayangkara.

Selain itu, turut hadir juga Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua Pengadilan, Ketua Kejaksaan, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit.

Kapolres Sergai. AKBP Robin Simatupang dalam membacakan amanat Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra menyampaikan, dalam rangka cipta kondisi meningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas menjelang Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ditengah Pandemi covid-19.

"Polda Sumut berserta jajaran mengelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi Keselamatan Toba 2021 selama 14 hari terhitung tanggal 12 sampai 25 April 2021," ucap Kapolres saat membacakan amanat Kapolda Sumut.

Dalam operasi ini, pihaknya mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai tindakan persuasif yang humanis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk antisipasi pencegahan penularan covid-19.

Adapun cara bertindak yang harus dipedomani pada operasi keselamatan Toba 2021 adalah melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan Laka serta lokasi penyebaran virus covid-19.

Selain itu, melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya Covid-19 berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho dan penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

Selanjutnya memberikan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran covid-19.

Tujuan operasi keselamatan Toba 2021 ini yakni terciptanya situasi lalulintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan, pelanggaran, kemacetan, meningkatkan ketertiban dan kepatuhan hukum serta disiplin masyarakat dalam berlalulintas, serta berkurangnya tempat penyebaran covid-19.

"Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, laksanakan prosedur protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Lakukan operasi ini sesuai prosedural," pesannya.

Selain itu, pihaknya juga meminta personel tidak arogan dengan simpatik dan humanis yakni 3 S (Sabar, Sopan dan Senyum).

Kepada para perwira selaku pengendali dan Bidpropam serta Irwasda selaku pengemban fungsi pengawasan, dia meminta agar mampu melakukan pendisiplinan terhadap personel dalam pelaksanaan operasi keselamatan Toba 2021.

"Jadilah teladan dalam berlalulintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat, teruslah berbuat baik, kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tuntas," pungkasnya.