SERGAI - Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Forkompinda Kabupaten Serdang Bedagai menggelar silaturahmi dan tatap muka dengan para tokoh lintas agama se Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (10/04/2021) sekira pukul 09.00 di Aula Sultan Serdang, Pemkab Serdang Bedagai. Pada kesempatan tersebut, Kapolres Sergai mengungkapkan, moderasi beragama di Kabupaten Sergai telah dilakukan guna menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama.

"Moderasi beragama di Serdang Bedagai sudah kita lakukan dan juga sudah membuat desa sadar kerukunan umat bergama," ungkap AKBP Robin.

Robin juga menyampaikan, menjelang bulan suci Ramadhan, Polres Sergai bersama intansi terkait akan melakukan Operasi Cipta Kondisi menyambut puasa dengan melakukan razia terhadap tempat hiburan dan kafe.

"Kita nantinya akan lakukan razia kepada kafe dan tempat hiburan dalam bulan Ramadahan, sehinga masyarakat bisa nyaman melaksanakan ibadah," imbuhnya.

TNI-Polri juga tidak akan bisa menjaga kemanaan dan kekondusifan di Sergai tanpa dukungan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Di sisi lain, Kapolres mengajak, para tokoh agama untuk mendukung vaksinasi kepada lansia dalam mendukung program percepatan vaksin Covid19 di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Indonesia termasuk tercepat dalam pelaksanaan vaksin, mari kita sosialisasikan kepada maysrakat untuk vaksin, karena vaksin sudah diuji halal dan aman," kata Kapolres

Tidak lupa pula, Kapolres Sergai juga menyampaikan inovasi Polres Sergai dalam program Kapolri Presisi. Polres sergai juga melakukan inovasi dengan membuat mobil satu atap yang berfungsi untuk menerima laporan pengaduan, pembuatan SKCK dan Program Layanan Call Center 110 Polri.

Sementara itu, Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, mengungkapkan, kebersamaan dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Serdang Bedagai sudah terjaga dengan baik.

Adlin mengajak seluruh pihaknya termasuk Polri, TNI dan tokoh agama tetap bersama menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kementrian Agama dan MUI juga sudah membuat peraturan tetang tata cara ibadah dalam bulan ramadahan, mari kita patuhi protokol kesehatan," ajaknya.

Adlin juga mengajak seluruh peserta kegiatan untuk mendukung Program Pemerintah percepatan vaksin Covid19.

"Mari tokoh agama bersama kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mau divaksin,"pungkas Wabup Sergai.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Ketua MUI Sergai H. Hasful Huznain, Dandim 0204/DS diwakili Kapten Inf. P. Simanjuntak, Kakankemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, para PJU Polres Sergai, OPD, Camat, Tokoh Lintas Agama se Kabupaten Sergai.