ASAHAN - Petugas gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Asahan, Polres Asahan, Denpom Kisaran dan Dinas Perhubungan gelar operasi Cipta Kondisi (Cipkon) di Kota Kisaran.


Adapun tempat yang menjadi sasaran seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Madong Lubis Stadion Mutiara dan warung-warung di jalan Lintas Sumatera Kelurahan Bunut Barat.

Kasat Pol PP Kabupaten Asahan, Sofyan Manulang dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021) menjelaskan operasi Cipkon yang digelar Selasa (6/4/2021) malam tersebut menindaklanjuti informasi masyarakat terkait adanya aktifitas oknum masyarakat yang mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan potensi kerawanan sosial.

"Ya kemarin malam kita melakukan operasi cipta kondisi di seputaran Kota Kisaran, operasi ini untuk menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait aktifitas oknum masyarakat yang dinilai berpotensi menimbulkan kerawanan sosial sehingga dapat menimbulkan keresahan di tengah tengah masyarakat," kata Kasatpol PP Asahan.

Adapun sasaran operasi adalah lokasi yang dinilai rawan sesuai informasi yang dihimpun tim Satpol PP dari laporan masyarakat. Seperti tempat hiburan malam, cafe, warung-warung yang berada di Jalan Lintas Sumatera dan tempat yang berpotensi dijadikan sebagai tempat balap liar.

Dalam operasi cipta kondisi kali ini tim menemukan komunitas anak motor yang diindikasi akan melakukan balap liar. Dalam operasi ini, pihaknya melakukan tindakan persuasif pembinaan untuk memberikan pengertian kepada para anak motor untuk tidak melakukan tindakan yang dapat menganggu kenyamanan masyarakat seperti kebut-kebutan, minum miras apalagi sampai tawuran.

Setelah mendapat pengarahan, kelompok anak motor terlihat bisa menerima arahan dan segera membubarkan diri. Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama sebanyak 7 orang wanita tanpa indentitas turut diamankan untuk selanjutnya dilakukan pendataan.

Masyarakat juga dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker agar penyebaran Covid-19 dapat cegah.

"Operasi cipta kondisi yang kita gelar kali ini lebih mengedepankan tindakan persuasif kepada oknum masyarakat yang melakukan tindakan yang berpotensi mengganggu ketertiban umum," terang Sofyan.

"Dari hasil pemantauan kami selama operasi situasi di wilayah Kabupaten Asahan utamanya seputaran kota Kisaran secara umum berjalan dengan aman dan kondusif. Kondisi ini tak terlepas dari peran mitra kita yakni kepolisian, Denpom dan dinas perhubungan yang selalu sigap mengamankan setiap lokasi kerawanan Kamtibmas," pungkas Kasatpol PP Sofyan.