LABUHANBATU - Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Labuhanbatu mengimbau masyarakat agar waspada saat berkendara maupun berlindung di bawah pohon dan reklame ketika hujan serta angin kencang. Langkah antisipasi yang dapat dilakukan, yakni berlindung di dalam bangunan yang kokoh.

Koordinator Tagana Labuhanbatu, Timbul Ritonga menyampaikan, kewaspadaan ini disampaikan akan bahayatertimpa pohon dan papan reklame di saat hujan lebat disertai angin kencang.

"Kami dari Tagana Labuhanbatu menyampaikan kepada warga agar selalu waspada, karena bisa saja terjadi tertimpa pohon dan papan reklame di saat hujan lebat yang disertai angin kencang seperti yang telah terjadi di Aek Kanopan kemarin yang mengakibatkan satu mobil ditimpa papan reklame," sebut Timbul, Rabu (7/4/2021).

Selain mengimbau masyarakat yang ada di ruang publik untuk berhati-hati, Tagana Labuhanbatu juga meminta pemerintah daerah melalui BPBD dan dinas terkait agar segera mengidentifikasi pohon-pohon yang berpotensi roboh dan memangkas ranting pohon atau peremajaan pohon. Ini bertujuan untuk mengurangi beban apabila terjadi hujan dan angin kencang sehingga pohon tidak tumbang.

"Kami juga meminta pemerintah daerah melalui BPBD dan dinas terkait agar segera mengidentifikasi pohon-pohon yang berpotensi roboh dan memangkas ranting pohon atau peremajaan pohon. Ini bertujuan untuk mengurangi beban apabila terjadi hujan dan angin kencang sehingga pohon tidak tumbang. Dan kepada masyarakat Labuhanbatu khususnya agar melakukan satu upaya apabila di sekitar rumah terdapat pohon rimbun serta mengecek atap rumah berbahan berat maupun bagian atap sudah mengkhawatirkan agar sedini mungkin dapat di antisipasi agar jangan sampai terjadi bencana," pinta Timbul.

Memasuki musim penghujan, Timbul juga mengingatkan masyarakat waspada dan siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi lain, seperti banjir maupun longsor.