LABURA - Mantan Bupati Labuhanbatu Utara, H.Kharuddinsyah Sitorus yang lebih akrab disapa dengan H.Buyung akan menghadapi penentuan nasibnya. H.Buyung akan mendengarkan vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Medan. H.Buyung sebagaimana diketahui terjerat kasus suap kepengurusan DAK APBN-P 2017 dan APBN 2018 Kabupaten Labura.

Informasi yang dihimpun, sidang akan dijadwalkan pada Kamis (8/4/2021) di Pengadilan Tipikor medan.

Sebelumnya, H.Buyung dituntut 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Mantan Bupati Labura ini juga dijatuhi denda Rp. 200.000.000,- dan subsidair empat bulan kurungan.

Hal tersebut dibenarkan pengacara H.Buyung. Muhammad Fadli Nasution saat dikonfirmasi awak media mengatakan pembacaan keputusan atas dakwaan JPU terhadap kleinnya dijadwalkan pada tanggal 8 april 2021.

"Setelah kita melakulan pembacaan pledoi, maka semuanya kita serahkan kepada majelis hakim yang mulia dan sesuai rencana akan dibacakan putusan pada tanggal 8 april 2021," ujar Fadli, Senin (05/04/2021).

Fadli juga berharap doa dari seluruh masyarakat Labura semoga putusan hakim dengan arif dan bijaksana sehingga memberikan keputusan yang sesuai serta seperti apa yang diharapkan disaat pledoi.

"Kami berharap doa dari seluruh masyarakat Labura semoga putusan hakim dengan arif dan bijaksana sehingga memberikan keputusan yang sesuai serta seperti apa yang kita harapkan disaat pembacaan pledoi," harap Fadli.

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Labuhanbatu Utara. Rudi Syahputra Daeli mengatakan terkait proses hukum mantan orang nomor satu di Labura itu mempercayakan sepenuhnya kepada penegak hukum.

"Terkait putusan hukum Bapak H.Kharuddinsyah Sitorus kita mempercayakan kepada penegak hukum dalam hal ini majelis hakim yang kami yakin sangat arif dan bijaksana," ujar Rudi yang juga tokoh pemuda Labura.

Rudi juga berharap agar Mantan Bupati Labura tersebut tetap sehat, sebab Buyung sangat berjasa bagi Labuhanbatu Utara.

"Kami doakan agar Bapak Mantan Bupati Labura tetap sehat, sebab beliau sangat berjasa bagi Kabupaten Labuhanbatu Utara dan kepada Bapak Bupati Labura saat ini juga agar tetap sehat dalam menjalankan tugas pengabdiannya demi Labura yang hebat," tutup Rudi.