PALAS - Wakil Bupati Padanglawas, drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, meninjau lokasi banjir yang merendam pemukiman warga di enam desa, Sabtu(27/3/2021) pagi.


Adapun enam desa tersebut yakni Desa Binabo Jae, Desa Siolip, Desa Sabarimba, Desa Hasahatan Julu, Desa Sigorbus Julu dan Desa Sigorbus Jae, Kecamatan Barumun Baru.

Banjir ini diakibatkan meluapnya Sungai Barumun yang berada tidak jauh dari pemukiman warga di enam lokasi desa setempat.

Meluapnya Sungai Barumun akibat tingginya intensitas curah hujan belakangan ini, sehingga merendam ratusan rumah warga dengan ketinggian rata rata sekitar 80 cm atau sebatas lutut orang dewasa.

Masyarakat di enam desa tersebut telah dievakuasi ke rumah rumah keluarga yang tidak terendam air di desa masing masing.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Padanglawas, saya mengucapkan turut prihatin atas kejadian ini. Semoga para korban diberi ketabahan dan dilimpahkan Allah SWT rezeki kepada mereka, Aamiin..," kata Wbup disela - sela peninjauan banjir di Kecamatan Barumun Baru.

Terkait peristiwa bencana alam tersebut, Wabup Zarnawi menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk jumlah total kerugian masyarakat akibat bencana ini, pihaknya belum dapat menghitung kerugian secara pasti.

"Saat ini kita masih fokus untuk melakukan evakuasi para warga ke posko bencana alam yang telah kami didirikan," ungkapnya.

Wabup mengajak masyarakat lainnya, untuk bersama sama mengantisipasi kejadian banjir susulan di enam desa lokasi banjir, di Kecamatan Barumun Baru ini.

Peninjauan lokasi banjir pemukiman warga ikut serta Wakapolres Palas Kompol JW Sijabat, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten Arh. Saleh Hasibuan, Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Plt Kadis Sosial Palas H Ahmad Fauzan Nasution, Plt BPBD Palas Nojul Hasibuan, Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Palas Khairuddin Siregar, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan dan Camat Barumun Baru Maruli Sangap Soaduon Hasibuan.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Binabo Jae Sangkot Daulay mengatakan, banjir luapan Sungai Barumun ini terjadi pada Sabtu (27/3/2021) sekira pukul 04.30.