MEDAN - PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU) melakukan sosialisasi kepada warga Kampung Sejahtera di Lapangan Serbaguna, Jalan Zainul Arifin Medan, Selasa (23/3/2021).


Sosialisasi yang diberikan ini, tips amankan instalasi listrik di kala banjir.

Pejabat Pengendali Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan(K3L) PLN UIKSBU, Syahminan Siregar menyatakan sosialisasi berupa mural ini merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat tentang bahaya listrik apabila terjadi banjir.

"Mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan dan apa yang sudah diberikan, bisa bermanfaat dan dikembangkan lagi. Sehingga nantinya, apa yang kita berikan ini jangan hanya sebatas simbolis saja yang implementasinya tidak ada," kata Syahminan, saat melakukan serahterima mural kepada warga Kampung Sejahtera.

Lanjut dijelaskannya, untuk menghindari korsleting listrik yang dapat menyebabkan terjadinya bahaya kebakaran karena arus listrik, PLN juga menganjurkan masyarakat sebagai agen atau mitra yang mampu mengedukasi masyarakat dalam menangkal penilaian negatif terhadap PLN.

"Saat ini masyarakat dapat mengakses segala informasi dan pengisian token dengan menginstal PLN Mobile," kata Siregar.

Di sisi lain, Syahminan berharap kepada masyarakat di Kampung Sejahtera dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami akan terus mendukung program yang namanya untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga nantinya masyarakat menjadi bagian dari PLN," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Petisah Tengah, Juni Hardian berterimakasih dan menyambut baik apa yang sudah dilakukan PLN.

"Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat dan membantu warga dalam pembenahan Kampung Sejahtera, khususnya PLN UIKSBU sudah termasuk garda terdepan dalam mendukung warga menuju Kampung Sejahtera yang kreatif dan inovatif.

"PLN sangat luar biasa, karena sudah berkontribusi terhadap pembenahan Kampung Sejahtera ini, hal ini menjadi motivasi bagi warga. Untuk kedepannya, kita bisa terus berkolaborasi dalam pembenahan Kampung Sejahtera, apa yang sudah dilakukan P3KS dengan berkolaborasi bersama K3L dan PLN UIKSBU, sangat membantu pemerintah, di mana P3KS sudah bergerak membenahi Kampung Sejahtera yang saya pimpin," ucap Juni Hardian.

Pada kesempatan itu, Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid juga berterimakasih kepada PLN UIKSBU yang sudah peduli dan berkontribusi untuk warga Kampung Sejahtera.

"Semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menjadi edukasi kepada warga tentang antisipasi atau tips aman dikala banjir," sebutnya.