SIMALUNGUN - Dua unit rumah di kompleks karyawan PTPN IV Unit Kebuh Teh Sidamanik, Afdeling I, Nagori Bah Butong I, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Senin (15/3/2021) ludes terbakar.

Kejadian tersebut sontak membuat karyawan PTPN IV panik dan berusaha memadamkan api.

Manajer Unit Kebut Teh, Hwin Dwi Putra mengatakan rumah yang terbakar tersebut merupakan milik mandor panen bernama Sarmono dan seorang buruh harian lepas bernama Pardi.

"Selain menghabiskan dua unit rumah, satu sepeda motor milik korban juga ikut terbakar," kata Hwin Dwi Putra, Selasa (16/3/2021).

Hwin mengatakan kebakaran tersebut disebabkan hubungan pendek arus listrik yang terjadi di salah satu rumah milik PTPN IV tersebut. Api dengan cepat membesar dan menghabiskan bangunan bertipe G1 tersebut.

"Saat terbakar, penghuni rumah sedang bekerja di kebun," ujar Hwin.

Warga yang berada di lokasi kemudian berusaha memadamkan api yang membakar dua unit rumah tersebut. Tak berapa lama, petugas pemadam kebakaran milik perusahaan tiba di lokasi untuk memadamkan api.

"Api kemudian berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran ikut membantu pemadamam api," ujarnya.

Hwin mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran dua unit rumah tersebut. Namun demikian, kerugian ditaksir mencapai seratusan juta rupiah.

"Sementara itu, korban kebakaran sementara waktu diungsikan ke rumah perkebunan yang sedang kosong," ucapnya.