MEDAN - Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya menemui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Prof Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD, Minggu (14/3/2021) di Kota Medan.


Pertemuan tersebut, terkait usulan tentang belum adanya memiliki Lembaga Permasyarakatan (LP) di Sergai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disambut hangat oleh Menkumham, setelah mendengar selama ini tahanan Polres Sergai dan narapidana asal Sergai masih dititipkan ke LP Kota Tebing Tinggi.

Pembicaraan antara Bupati Sergai dan Menkumham terlihat serius dalam suasana yang santai tersebut.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan harapan agar kiranya di Sergai bisa dibangun LP dan terkait penyediaan lahan yang dibutuhkan, tentunya Pemkab Sergai akan menyiapkan lokasi tersebut.

"Keberadaan LP itu sangat dibutuhkan oleh Pemkab Sergai mengingat LP yang ada di Kota Tebing Tinggi menurut catatan dan informasi yang diterima sudah over kapasitas," sebut Bupati Darma Wijaya.

Semestinya kapasitas LP Kota Tebing Tinggi itu diisi 441 orang, namun sekarang diperkirakan telah dihuni sebanyak 1667 tahanan," tambahnya.

"Tahanan tersebut berasal dari berbagai jenis perkara kriminal yang sudah divonis oleh Pengadilan Negeri Sei Rampah dan Pengadilan Negeri Kota Tebing Tinggi yang diinapkan ke LP Kota Tebing Tinggi dan diperkirakan mencapai 60 persen dari jumlah 1667 orang itu mayoritas warga Sergai yang menyangkut persoalan narkoba," ungkap Bupati Sergai.

Sementara itu, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan untuk pembangunan LP salah satunya dibutuhkan penyediaan lahan oleh Pemkab Sergai.

"Bahwa jika segala persyaratan sesuai ketentuan sudah dipenuhi untuk pendirian LP tersebut, maka Pemkab Sergai dapat mengusulkannya ke Pemerintah Pusat. Lahan yang harus disediakan untuk satu LP dibutuhkan minimal seluas 2,5 hektar," ujarnya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Kepala Devisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara Angiat Napitulu SS MSi, Mantan Kalapas Kota Tebing Tinggi yang kini Kepala Rumah tahanan (Rutan) kelas I Kota Medan Theo S Theo Adrianus Purba AMD IP SH MH, anggota DPRD Sergai Togar Situmorang, Ketua BM3 Sergai Yunasril SH MKn, Kikky Febriasi SH MKn (istri), Pengamat Politik Kabupaten Sergai Badrun SE.

Foto: Bupati Sergai H Darma Wijaya saat menemui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Prof Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD di Kota Medan