TEBINGTINGGI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tebingtinggi diselimuti kabut duka. Minggu (14/3/2021), seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), Jammah Sari Gofir Hasibuan ST (42) meninggal dunia.

Kepala Seksi Bidang Jalan dan Jembatan di Dinas PUPR itu menghembuskan nafas terakhir, akibat gangguan pada pembuluh darah usai dirawat intensif selama 2 hari di RS Mitra Sejati, Medan sejak Jumat (12/3/2021) malam kemarin.

Jammah sapaan akrabnya, meninggal pada Minggu pukul 12.30. Almarhum meningalkan seorang istri, Sri Mahyuni Siregar, dan seorang putra Avicenna trazani Hasibuan (10).

Jenazah almarhum tiba di rumah duka sekira pukul 14.30 di kawasan Jalan Danau Maninjau, Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu, Tebingtinggi.

Mengenal almarhum

Bagi keluarga, Ginda, ipar dari almarhum, merupakan sosok rendah hati dan memiliki jiwa peduli terhadap keluarga tanpa harus membedakan.

Terungkap, bagi pemuka masyarakat di sana, mereka mengaku merasa kehilangan sosok pemurah hati dan taat beribadah itu.

Almarhum juga dikenal di lingkungannya sebagai warga yang kerap peduli dan membantu keperluan pembangunan rumah ibadah di lingkungannya bermukim.

"Kita selalu bertemu di masjid, kala waktu senggang kerja almarhum," kata Karim warga di sana.

Penyabar

Kerabat kerja almarhum di pemerintahan, Kamlan Mursyd menguak fakta, bahwa almarhum sebagai sosok penyabar dan selalu mengalah dalam berbagai situasi.

Kamlan mengaku, sangat kehilangan sosok pria taat beribadah itu. Ia bercerita pernah bersama almarhum dari pukul 10.00 hingga larut malam.

"Ketika di Medan, ibadahnya 4 waktu tanpa cela, hanya Sholat subuh kami tidak bersama, kejadian itu sering berulang, semoga amal ibadamu diterima Allah SWT, semoga di lapangkan kuburnya, surga Jannatun Naim buatnya," ucap Kamlan dalam sambutan mewakili Walikota Tebingtinggi.

Kadis PUPR Hj Rusmiaty Harahap di tengah ratusan pentakziah, mengaku sangat kehilangan sosok pekerja ulet dan bertanggung jawab di bidangnya.

Baginya, almarhum merupakan seorang ASN berdedikasi tinggi yang mengedepankan etika dengan kemampuan birokrasi mumpuni.

"Innalilahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan adikku, Allah SWT lebih sayang kepadamu, untaian doa buat mu dari kita, dari seluruh staff di PUPR juga," kata Rusmiaty jelang pemakaman.

Sekira pukul 16.30, Ambulan Rumah Sakit Kumpulan Pane (RSKP) meninggalkan rumah menuju di masjid. Hampir seratusan pentakziah menshalatkan almarhum.

Selanjutnya pentakziah menuju lokasi pemakaman muslim di Jalan Danau Singkarak, bersebelahan jalan dengan rumah duka.

Lokasi pemakaman almarhum persis berada di sebelah Gedung Pondok Pesantren Al Hasyimiyah.

Seratusan keluarga, kerabat, dan rekan kerja almarhum, terlihat mengiringi kepergian jenazah Alm Jammah Sari Gofir Hasibuan.

Kerabat dekat almarhum menggelar ziarah terakhir, jelang kala ba'da mahgrib mulai berkumandang.