SERGAI - Waka Polres Serdang Bedagai Kompol Sofyan SH meresmikan tiga Kampung Tangguh yang dipusatkan di Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (8/3/2021).

Ketiga Kampung Tangguh yang diresmikan adalah Kampung Tangguh Desa Pon, Sei Bamban Estate dan Sei Rampah Estate.

Waka Polres Sergai Kompol Sofyan SH dalam sambutannya mengatakan dalam pembentukan Kampung Tangguh tidak hanya seremonial saja, harus diaplikasikan dilapangan dan tidak hanya teori. Kalau dilihat skala nasional, Indonesia termasuk negara yang kuat menghadap wabah Covid-19.

"Banyak masyarakat yang masih tidak percaya adanya Covid, gejala Covid awalnya tidak bisa tidur, dada panas, dan nafas sesak. Akan tambah parah jika ada penyakit bawaan seperti diabetes penyakit dalam paru paru," sebut Kompol Sofian.

Kepala Desa Pon Andrianto SP dalam paparannya mengatakan dibentuknya Kampung Tangguh ini karena makin banyak masyarakat yang terpapar Covid. Melalui Kampung Tangguh ini Desa dapat mengenali ancaman virus Covid-19 dan sumber daya masyarakat yang dapat mengurangi kerentanan resiko Covid-19.

Dengan Kampung Tangguh ini sambungnya, membuat warga disiplin dalam mematuhi Protokol Kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran Covid dan juga dapat menjaga keamanan dan ketertiban wilayah masing- masing serta mengantisipasi dampak sosial akibat pandemi Covid 19.

Lebih lanjut Andrianto menjelaskan di bulan Januari 2020 warga Desa Pon satu orang positif Covid, November satu orang dan Januari 2021 9 orang serta OTG satu orang, pada Febuari ada lima orang.

Pemerintah Desa Pon sambungnya bekerjasama dengan berbagai pihak membuat Kampung Tangguh dengan fasilitas Rumah isolasi, untuk menampung warga yang terpapar Covid.

"Mari sama- sama kita berdoa agar wabah Covid 19 ini segera berlalu dari Indonesia sehingga kita bisa hidup normal kembali," pungkasnya.