LABUSEL - Sebanyak 11 rumah toko (ruko) di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, musnah terbakar usai api merambat dengan cepat, Minggu (7/3/2020) malam kemarin sekira pukul 19.30.


Kapolsek Kota Pinang, AKP Bambang G Hutabarat, merinci ke 11 ruko tersebut antara lain Toko Faiza milik ALfa Zainal (45), Toko Stars milik Khoirul Caniago (43), Toko Doyan milik Bambang (38), Toko Musica milik H. Udin (55), Toko Expo Ponsel milik Andi Kusuma (37), Toko Alfa & Zahra milik Sangkot (58), Toko Suhana milik H.Jen Nasution (46), Toko Hibur Electronic milik Akiu (48), Toko Harapan Jaya milik H.Elmi (52), Toko Topik milik Syahril Siregar (53) dan Toko Laris milik Joli (43).

Berdasarkan keterangan saksi, api berawal dari plafon dapur Toko Faiza yang sudah tutup dan api menyala cepat dan merambat ke toko - toko yang bergadengan dengan Toko Faiza.

"Setelah api membara, mobil damkar langsung turun 3 unit dan melakukan pemadaman, namun api belum padam akibat air di tangki sudah habis," ujar Kapolsek, Senin (8/3/2021).

Saat mobil melakukan pengisian air, saat itu pula api semakin membesar dan tak lama datang bantuan 1 unit damkar dari Cikampak, 1 unit dari Langgapayung dan 1 unit dari Manggala Agni.

"Namun api belum juga padam dan kemudian datang bantuan damkar 2 dari Labuhanbatu dan 1 unit mobil water canon Polres Labuhanbatu dan sekira 6 jam atau sekitar pukul 00.30 api baru dapat dipadamkan," terangnya.

Kapolsek juga menerangkan, kerugian diperkirakan sebesar Rp 9 miliar dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Barang bukti yang diamankan yakni potongan kabel, potongan broti dan 1 lembar yang kesemuanya bekas terbakar," tandasnya.

Pihaknya hingga saat ini sudah mengamankan TKP dengan memasang police line di sekitar lokasi.