TOBA - Polres Toba menerima 241 vial vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan RI. Vaksin ini, akan digunakan untuk vaksinasi tahap I dan II. Hingga Jumat (5/3/2021) sebanyak 87 personil telah disuntik vaksin Sinovac gelombang pertama.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH, melalui melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukri Yanto menyebutkan vaksinasi ini sudah berlangsung sejak Rabu (3/3/2021).

Pelaksanaan penyuntikan vaksin kepada 87 personil Polres Toba dibantu tenaga Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Siantar Narumonda dipimpin langsung dr Betty Manulang bersama 3 orang anggota tenaga kesehatan lainnya.

Proses penyuntikan vaksin Sinovac ini dilakukan dalam dua sesi. Hal ini sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19, untuk meminimalisir kerumunan.

Untuk mendapatkan suntikan vaksin Sinovac ini sambungnya, harus memenuhi persyaratan. Para calon penerima vaksin, harus menjawab beberapa pertanyaan petugas. Kemudian setelah divaksin, 30 menit menunggu reaksi vaksin guna memastikan gejala yang ditimbulkan.

Sebelumnya, Kapolres juga menghimbau masyarakat Toba agar tidak takut divaksin. Sebab vaksin Sinovac ini aman dan halal.

Namun sambungnya, meski telah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas, ujarnya.

Kepala Kesehatan Poliklinik Polres Toba, dr Jimmi Hasibuan kepada wartawan menyebutkan penyuntikan vaksin gelombang pertama, sebanyak 87 personl Polres Toba sudah dimulai terhitung sejal Rabu (3/3/2021) hingga Jumat (5/3/2021).

"Hari ini ke 87 orang tersebut sudah mendapatkan suntikan vaksin Sinovac Covid-19 sebagai tahap pertama, setelah 14 hari ke depan akan dilanjutkan penyuntikan vaksin tahap kedua," jelasnya.

PaurKes Poliklinik Polres Toba, Panda Nasnah Pasaribu menambahkan untuk penyuntikan vaksin Sinovac gelombang kedua akan dilaksanakan 24 hingga 26 Maret mendatang.