MEDAN - Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak resmi menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin, Kamis (4/3/2021).


Hal itu ditandai dengan pelantikan yang dilaksanakan di Mabes Polri oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Probowo.

Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat (Kasubbid-Penmas) Pda Sumut, AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut.

"Benar. Kapolda Sumut sebelumnya, Irjen Pol Martuani Sormin, kini diangkat mengisi jabatan baru di Mabes Polri, jelang masa pensiun. Sedangkan Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, setelah dilantik akan segera datang ke Sumatera Utara," ujar AKBP MP Nainggolan.

Lebih lanjut dijelaskannya, rangkaian prosesinya nanti akan ada serah terima petaka dari Kapolri yang diselenggarakan di Polda Sumut.

"Nanti akan ada penyerahan petaka dari Kapolri di Polda Sumut. Jika tidak dalam keadaan mendesak, Kapolda yang baru akan tiba di Sumut pekan ini dan kegiatan dilangsungkan pekan depan," jelas mantan Kapolres Nias Selatan (Nisel) ini.

Sebelumnya Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dipercaya menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin, Kamis (18/2/2021).

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegeram Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Nomor ST/318/II/KEP/2021 tanggal 18 Februari 2021.

Dalam Surat Telegram Kapolri tersebut, nama Irjen Pol Martuani Sormin dimutasikan menepatai jabatan baru sebagai Koorsahli Polri.

Sedangkan Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).